Sebelum Beli BMW E36 Bekas, Ketahui Inilah Beberapa Penyakitnya

Dok Grid - Kamis, 2 Mei 2024 | 15:40 WIB

BMW 320i E36 dengan body kit M-Tech (Dok Grid - )

Otoseken.id - Semakin banyaknya influencer yang menggunakan BMW lawas sebagai platform project car mereka nampaknya membuat popularitas mobil-mobil tersebut meningkat.

BMW E30 dan E36 pun makin banyak berseliweran di jalan dan kolom-kolom situs jual beli online.

Jika Anda tertarik untuk membeli BMW lawas, terutama E36, ada satu penyakit yang perlu Anda perhatikan.

Penyakit tersebut adalah overheating yang kerap menjangkit mobil ini terutama di iklim Indonesia yang panas serta kondisi jalan yang padat.

"Mobil ini memang usianya sudah mencapai 20 tahunan, ya wajar saja kalau ada masalah," ungkap Mashadi, punggawa bengkel Exclusive Garage di Tebet, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Ingin Beli BMW E90 Bekas? Ini Tips Perawatannya Dari Bengkel Spesialis 

Otoseken.id
Tampilan belakang BMW 320i E36

Ia juga mengungkapkan bahwa overheat menjadi penyakit yang umum terjadi pada mobil-mobil Eropa dikarenakan konstruksi pendinginan yang kurang cocok di daerah tropis.

"Biang keroknya ada beberapa, dari mulai visco fan atau water pump rusak, expansion tank radiatoryang retak, dan bisa juga rumah thermostat atau selang radiatornya sudah getas," ujar pria yang akrab disapa Hadi.

Kalau komponen tersebut sudah bermasalah, ia menyarankan agar pemilik langsung menggantinya agar tidak menjalar ke bagian lain seperti cylinder head mesin.