Pilih Ban Mobil yang Nyaman dan Aman, Perhatikan Juga Kode Bannya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 2 Agustus 2019 | 08:25 WIB

Pilihan Ban Mobil (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Ban menjadi salah satu bagian penting pada kendaraaan, pasalnya ban memiliki peran langsung bersentuhan dengan jalan.

Memilih ban yang pas dan sesuai harus diprioritaskan sebab hal ini menentukan keselamatan dan kenyamanan Anda.

Hal pertama ketika memilih ban, ketahui terlebih dahulu spesifikasinya, spesifikasi ban biasanya bisa Anda lihat di stiker pilar B pengemudi.

"Memilih ban mobil yang pertama harus tau spesifikasinya dulu, caranya bisa dilihat di stiker yang ada di pilar B dekat pengemudi," kata Dio dari Autacarz Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Kemudian kode ban juga harus diperhatikan, sebagai contoh ban dengan merek Dunlop SP Sport LM 704 dengan spesifikasi 185/70 R14 88H yang biasa digunakan Toyota Avanza.

Ilustrasi ban mobil

(Baca Juga: Mau Beli Toyota Avanza Bekas? Begini Cara Cek Bagian Kaki-kaki)

Dunlop merupakan nama produsen ban tersebut, sedangkan SP Sport LM 704 adalah nama tipe dari ban tersebut.

kode 185 berarti ukuran lebar tapak ban dalam satuan milimeter, ukuran lebar bahasa teknisnya disebut overall width (OW).

Kemudiann kode 70 setelah tanda garis miring, merupakan aspek rasio ketebalan ban dalam persentase ketinggian dinding ban terhadap lebar tapak ban.

Huruf R berarti struktur ban yang digunakan adalah Radial, sekedar informasi, struktur ban ada 2 jenis yaitu Radial dan bias.

Kode 88 merupakan beban index maksimum yang disarankan (load index), load index 88 artinya dapat menahan beban hingga 560 kg.

Dan yang terakhir adalah huruf H, huruf H mempunyai batas kecepatan maksimum 210 Km/jam, selain H ada juga kode M dan W yang mempunyai batas kecepatan masing-masing.