Agar Mesin Bebas Kerak, Pakai Pertalite Bukan Pakai Pertamax? Simak

Dok Grid - Senin, 22 April 2024 | 15:14 WIB

Kerak di ruang bakar (Dok Grid - )

Otoseken.id - Agar piston bebas kerak, mekanik ini merekomendasikan menggunakan bensin Pertalite di motor bekas.

Loh kok gitu, bukannya lebih bagus pakai Pertamax ya?

“Saya sudah sering bongkar mesin motor, kalau yang pake Pertamax kerak di sehernya malah tebal, sedangkan yang pakai Pertalite malahan enggak tebal keraknya,” ungkap mekanik Lestari Motor.

“Kalau mau bagus dan seher enggak berkerak kotor, pakai Pertalite saja,” lanjut, mekanik yang bengkelnya ada di Jalan Raya Kresek, RT 09/ RW 13, Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat.

Baca Juga: Mesin Motor Bau Sangit Saat Ngebut? Segera Ganti Komponen Ini 

Mekanik bengkel umum ini membenarkan, dengan menggunakan bensin Pertalite motor lebih stabil, hemat bahan bakar dan mesin enggak cepat rusak.

Selain lebih murah dari Pertamax, pakai Pertalite juga bisa menghemat ongkos bensin.

“Malahan ada customer yang bawa motornya ke sini, karena mogok abis diisi bensin Shell, terus saya kuras dan saya isikan Pertalite ajaibnya motor kembali hidup,” tutupnya.

Sekadar info servis injeksi menggunakan cairan pembersih injektor yang di masukan ke ruang bakar, guna merontokkan kerak yang menempel dan menyumbat injektor.

Cara memasukannya pun menggunakan bantuan alat infus yang dipasangkan ke selang injektor.

“Untuk servis injeksi kalau motornya dipakai harian minimal 2 bulan sekali sudah harus dibersihkan ruang bakarnya,” buka Budi, mekanik bengkel Lestari Motor.

Baca Juga: Tips Membersihkan Kerak Bekas Oli di Part-Part Motor, Pakai Sabun Ini