Isi Air Aki Mobil Enggak Boleh Saat Kondisi Masih Dingin, Fakta atau Hoax?

Radityo Herdianto,Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 16 Mei 2020 | 22:25 WIB

Ilustrasi isi ulang air aki (Radityo Herdianto,Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Pada dasarnya aki terbagi menjadi 2 jenis yakni aki kering dan aki basah, nah salah satu perawatan aki basah adalah dengan mengisi ulang air aki.

Cara mengetahui volume atau ukuran air aki yang masih tepat, bisa dilihat dari indikator yang terletak di permukaan atas aki.

Jika indikator menunjukkan aki sudah waktunya diganti atau air di dalam aki basah sudah berkurang hingga di bawah garis batas bawah, segera isi air aki untuk mengembalikan fungsi aki mobil.

Namun saat mengisi ulang air aki, apakah boleh mengisi air aki saat kondisi masih dingin?

Dipo/GridOto
Indikator aki mobil

Baca Juga: Mobil Bekas Jarang Dipakai, Aki Cepat Soak, Dark Current Penyebabnya

Mengutip dari Gridoto.com, menurut Anggy dari kepala bengkel Shop & Drive di Tubagus Angke, Jakarta Barat, ternyata mengisi air aki saat kondisi dingin tidak dasarankan karena aki bisa menyebabkan kerusakan.

"Kalau air aki basah sering diisi waktu kondisi masih dingin bisa muncul masalah baru yang bikin aki mobil jadi rusak," tekan Anggy, kepala bengkel Shop & Drive Tubagus Angke, Jakarta Barat, dikutip dari Gridoto.com.

Lanjut Anggy, ketika aki sedang bekerja akan menjadi panas, ditambah paparan panas dari mesin membuat air aki mengalami pemuaian.

Ia menjelaskan, pemuaian akan meningkat, aki mobil jadi kelebihan air dan cenderung jadi di atas garis batas atas normalnya.