Toyota Innova Reborn Diesel dan Xpander Keluaran Awal Bisa Pasang Cruise Control, Ada Sistem Tersembunyi

Abdul Aziz Masindo - Senin, 19 Oktober 2020 | 12:15 WIB

Ilustrasi Toyota Kijang Innova Reborn Diesel (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.idToyota Kijang Innova Reborn diesel dan Mitsubishi Xpander keluaran awal tahun 2017 yang dijual di Indonesia, tidak diberikan fitur cruise control dari pabrikan.

Padahal, menurut Bobby selaku pemilik spesialis setir Bobby Spec Rare Item, kedua mobil tersebut sudah support cruise control, hanya saja pabrikan menyembunyikan fitur tersebut.

"Sebenarnya Xpander dan Innova Reborn sudah support cruise control, cuma belum dikeluarin aja dari pabrikannya, mungkin buat facelift atau versi luar," buka Bobby, pemilik spesialis setir Bobby Spec Rare Item di MGK Kemayoran, Jakarta Pusat.

 

Sekedar informasi, Mitsubishi Xpander keluaran awal tahun 2017 belum dilengkapi fitur cruise control, Mitsubishi Xpander menyematkan fitur cruise control di varian ultimate produksi 2018 ke atas.

Cruise control di Mitsubishi Xpander

Baca Juga: Pakai Cruise Control Terlalu Lama Ternyata Ada Dampak Negatif, Begini Penjelasan Teknisnya

Sedangkan Toyota Innova Reborn diesel belum dilengkapi cruise control, tapi Innova Reborn diesel memiliki basis mesin yang sama dengan Fortuner TRD diesel atau VRZ, bahkan indikator cruise control di panel instrumen Innova Reborn diesel pun sudah tersedia.

"ECU dari mesin Fortuner TRD atau VRZ diesel ini pada dasarnya sudah support fitur cruise control, makanya bisa dipasang juga ke Innova Reborn diesel, kecuali Innova bensin itu tidak support (cruise control) karena ECU-nya beda," ungkap Bobby.