AC Mobil Tidak Dingin? Jangan Hanya Isi Freon Coba Cek Part Ini

Dok Grid - Jumat, 2 Februari 2024 | 15:33 WIB

AC mobil (Dok Grid - )

Otoseken.id -  Hembusan AC yang tidak dingin atau hanya keluar angin saja, jangan hanya isi freon, cek beberapa komponen ini juga agar tidak sia-sia.

Refrigerant (freon) berperan sebagai pengubah udara panas yang diserap evaporator menjadi lebih dingin saat dihembuskan kompresor.

Freon yang kurang dampaknya kabin mobil akan terasa panas atau hanya berasa embusan angin dari kisi AC.

Namun jika freon di mobil Anda cepat habis, jangan hanya mengisi ulang, sebab freon AC tidak akan berkurang atau habis selama komponen AC tidak mengalami kerusakan atau kebocoran.

"Kalau freon sering habis di isi ulang freon bisa dingin tapi akan percuma, karena nanti akan habis lagi, kita cek dulu kebocorannya di mana," buka Titik, teknisi bengkel spesialis AC Jaya Denso di Curug Tangerang.

Ryan/gridoto.com
Ilustrasi pipa freon AC mobil

Baca Juga: Begini Cara Mengecek Kondisi Freon AC Mobil, Ternyata Mudah Banget

Menurutnya, freon atau refrigerant AC yang cepat habis atau berkurang disebabkan karena terjadinya kebocoran pada 3 komponen, yakni di pipa, slang, dan kompresor.

"Cek dulu kebocoran freonnya apakah di pipa-pipa, atau di slang, atau malah di kompresor, biasanya kompresor yang sudah berumur," katanya.

"Kalau freon habis atau bocor, di dalam lubang kaca akan terlihat ada busa putih, jika keadaan normal tidak ada busa putih saat AC hidup," tutup Titik, teknisi bengkel spesialis AC Jaya Denso di Curug Tangerang.