Video Perawatan Mobil Diesel, Pemilik Panther, Pajero Sport dan Innova Diesel Wajib Tahu

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 4 September 2021 | 14:40 WIB

(Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id -  Mobil bermesin diesel seperti Toyota Fortuner, Innova diesel, Mitsubishi Pajero Sport sekan menjadi impian dan banyak diminati masyarakat Indonesia.

Alasannya karena mobil bermesin diesel lebih irit bahan bakar, sebab kandungan energi yang terdapat di setiap tetes bahan bakar diesel atau solar lebih banyak ketimbang bensin, sehingga lebih efisien dan memberikan konsumsi bahan bakar yang lebih baik.

Selain itu, mesin diesel memiliki torsi yang lebih besar, perawatan yang mudah karena tak perlu mengganti busi, dan cenderung punya umur yang lebih panjang ketimbang bensin.

Namun mobil bermesin diesel seiring pemakaian juga sering ditemui masalah, seperti tenaga yang loyo, asap ngebul.

Erick Budhiman, pemilik Jakarta Diesel Squad mengatakan, jika sudah ditemukan hal seperti itu, langkah pertamanya bisa dilakukan purging mesin diesl atau bahasa lainnya tune up.

Baca Juga: Jakarta Diesel Squad, Spesialis Purging Mobil Diesel Rumahan Harga Bersahabat

"Purging biar gampang istilahnya tune up, tune up mobil diesel lah, tune up mobil diesel di sini dengan dua metode," buka Erick Budhiman, Owner Jakarta Diesel Squad di Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Untuk purging diesel fokus pada pembersihan saluran bahan bakar (fuel system cleaning), dengan membersihkan endapan solar di fuel system.

Termasuk membersihkan di common-rail, pipa-pipa bahan bakarnya, nosel injektor dan supply pump-nya, supaya spray pattern injector-nya normal kembali.

Sedangkan air inteke system cleaning yakni membersihkan saluran udara dari uap oli meliputi pembersihan turbo, intercooler dan thtrotle body, serta EGR  (Exhaust Gas Recirculation).

Untuk lebih lengkapnya, bisa tonton video di channel Youtube Otoseken di bawah sini: