Pasang Audio Steering Switch di Toyota Avanza, Siapkan Bujet Segini

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 1 Oktober 2021 | 06:16 WIB

Ilustrasi setir Avanza yang sudah dilengkapi audio steering switch (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Toyota Avanza yang belum dilengkapi fitur audio steering switch, ternyata bisa loh dipasang fitur ini supaya lebih mudah mengoperasikan audio sekaligus menambah penampilan jadi mewah.

Dengan fitur audio steering switch, pengemudi tinggal menekan tombol di setir untuk mengatur volume maupun fungsi audio lainnya tanpa perlu mengoperasikan head unit. 

Namun untuk menambahkan fitur audio steering switch, terlebih dahulu head unit mobil harus mendukung audio steering switch.

"Pasang audio steering switch di Avanza bisa, asalkan yang terpenting head unitnya harus support terlebih dahulu, kalau belum support ganti head unitnya dulu," buka Lili Fitriana Kuswara, mekanik spesialis setir Rafi Mobil di Taman Puring, Jakarta Selatan.

Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Ilustrasi setir Avanza yang belum punya audio steering switch

Baca Juga: Lagi Tren Honda Brio Upgrade Setir Pakai HR-V, Segini Biayanya

Selain head unit, modifikasi tombol audio steering switch di Toyota Avanza juga tergantung dengan model setirnya, apakah frame untuk tombol audio steering switch bisa dilepas atau tidak. 

"Pasang tombolnya saja itu tergantung setirnya, ada yang sudah bisa pasang tombol audio switch-nya aja, ada yang harus ganti full setirnya," tekan Lili.

Lili menjelaskan, untuk Toyota Avanza generasi pertama (2004 - 2011), dan Avanza generasi kedua awal, tidak bisa pasang tombol audio steering switch-nya saja, diharuskan mengganti seluruh setir Avanza yang sudah dilengkapi tombol audio steering switch atau setir Avanza tahun mudaan.