Suzuki Baleno Next-G, Fiturnya Cukup Oke, Harga Bekas Tinggal Rp 40 Jutaan

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 15 Januari 2022 | 13:44 WIB

Suzuki Baleno Next-G (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Suzuki Baleno Next-G hadir sebagai sedan berukuran kompak 1.500 cc sebagai penantang Toyota Vios dan Honda City GD8.

Diluncurkan pada 2003, desain Suzuki Baleno Next-G mengalami perubahan total dari generasi sebelumnya yaitu Baleno Milenium.

Dibanding pesaingnya Toyota Vios dan Honda City, Baleno Next-G punya desain yang nyentrik dengan tinggi yang mirip dengan sebuah MPV, wajar saja sebab Baleno next-G diambil dari Suzuki Aerio yang notabene sebuah MPV.

Desain bodi yang tergolong nyentrik ini sangat mungkin menjadi alasan Suzuki Belani Next-G sulit bersaing dengan Honda City dan Toyota Vios.

Padahal Suzuki Baleno Next-G ini mengusung fitur yang tak kalah canggih dibanding kompetitornya. Dari sektor faktor keamanan, Next- G telah mengusung teknologi ABS (Anti-lock Braking System) dan EBD (Electronic Brakeforce Distribution).

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
“Sebenarnya Next-G enak dipakai, stabil dan mesinnya responsif meski tergolong irit bahan bakar,” sebut Wirahadi, pengusaha yang naik Baleno Next-G lansiran 2005. “Hanya saja peminatnya tak sebanyak Honda City sehingga perputaran mobkasnya juga tak heboh,” ujar James Suryadi dari Metro Motor di bilangan Kebayoran Lama.

Belum lagi mesin berkode M15A berkapasitas 1.500 cc DOHC (Double Over-Head Camshaft) yang mengusung sistem VVT (Variable Valve Timing), Tenaganya mencapai 108 dk.

Sayangnya selain desain eksterior yang nyentrik ini, pada bagian interior yaitu panel instrumen digital yang berukuran kecil juga banyak yang tidak suka.

Dok. Otomotif
Instrumen digital Suzuki baleno Next-G tahun 2003

Makanya pada tahun 2004, Baleno Next-G kembali mengubah desain panel instrumen dengan jarum konvensional pada speedometer, RPM, indikator bensin, dan suhu mesin, begitupun dengan desain dasbor dan joknya.