Bodi Mobil Bekas Warna Putih Menguning? Begini Cara Mengatasinya

GBRN,ARSN - Senin, 14 Maret 2022 | 17:23 WIB

Ilustrasi Toyota Fortuner (GBRN,ARSN - )

Otoseken.id - Bodi mobil bekas kesayangan yang berwarna putih menguning? Tenang, begini cara mudah mengatasinya.

Mobil dengan warna putih memang menjadi magnet tersendiri bagi sebagian orang.

Namun, saat hendak memutuskan untuk meminangnya berarti Anda sudah siap untuk menerima konsekuensinya.

Pasalnya, mobil berwarna putih biasanya lebih rentan mengalami masalah pada warna cat, seperti mudah terlihat kotor saat terkena noda lumpur dan bahkan perubahan warna menjadi kusam atau menguning.

Menurut Adetio Nasution, Professional Trainer dari Meguiar's Indonesia, fenomena menguning tersebut diakibatkan oleh oksidasi pada lapisan clear coat cat mobil.

Tio menambahkan, oksidasi sebenarnya bisa terjadi pada semua mobil, namun pada warna putih memang dampaknya akan lebih terlihat karena clear coat yang rusak akan mengalami perubahan menjadi berwarna kekuningan.

"Oksidasi biasanya diakibatkan karena bodi mobil terkontaminasi debu dan kotoran yang menumpuk dalam waktu lama, kemudian terpapar oleh sinar matahari langsung dan terkena air, sehingga menyebabkan cairan clear coat yang melindungi cat mobil kusam dan menguning," terang Tio.

Untuk itu, menurut Tio, lapisan clear coat pada bodi mobil wajib dirawat, caranya dengan rutin membersihkan mobil dengan benar atau datang ke salon mobil untuk melakukan perawatan cat.

Baca Juga: Begini Cara Mengatasi Waterspot di Bodi Mobil, Ternyata Mudah