Mau Ngirit Pikir Lagi, Campur BBM Pertamax dengan Pertalite Ada Dampaknya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 1 April 2022 | 15:52 WIB

Harga BBM Pertamax naik menjadi Rp 12.500 per 1 April 2022 (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Pertamina resmi menaikkan harga BBM jenis Pertamax (RON 92) yang sudah berlaku sejak hari ini 1 April 2022 di 34 Provinsi.

Harga BBM jenis Pertamax yang sebelumnya Rp 9.000 sampai Rp 9.400 per liter naik menjadi Rp 12.500 sampai Rp 13.000 per liter.

Sementara itu, untuk BBM Pertamina jenis Pertalite (RON 90) tidak mengalami kenaikan harga, atau tetap di harga Rp 7.650 per liter.

Namun jangan coba-coba mengakali dengan mecampurkan RON atau oktan yang tinggi dengan yang rendah supaya bisa irit.

Sebab menurut Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) mengatakan, ada dampak negatifnya.

Meskipun dengan mencampur dua jenis BBM dengan oktan yang berbeda, memang bisa mendapatkan kadar oktan sesuai keinginan dengan harga yang lebih rendah.

Namun di sisi lain terjadi juga pengenceran dan penurunan kadar aditif deterjen dalam BBM campuran tersebut.

Hal ini dikarenakan masing-masing jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) memiliki kadar deterjen yang berbeda-beda atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Makanya, meskipun secara oktan kita dapat ketika mencampur (BBM oktan rendan dan tinggi), tapi bahaya depositnya justru naik," jelas  Tri Yuswidjajanto Zaenuri, ahli konversi energi dari Fakultas Teknik dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB), dalam acara Ngovi (Ngobrol Virtual) yang digelar OTOMOTIF Group.

Baca Juga: Harga Pertamax Naik, Minyak Kayu Putih Terbukti Bikin Motor Irit Bensin