Ini Rekomendasi BBM Buat Subaru Forester, Ternyata Cocok Jenis Ini

ARSN,Muslimin Trisyuliono - Selasa, 17 Mei 2022 | 18:15 WIB

Subaru Forester gen 3 di bengkel BSS Motor (ARSN,Muslimin Trisyuliono - )

Otoseken.id - Ini rekomendasi BBM buat Subaru Forester menurut bengkel spesialis. Ternyata cocok jenis ini, NA dan turbo beda bestie.

Subaru Forester generasi ketiga yang mengaspal di Tanah Air sejak 2008 silam memiliki dua pilihan mesin.

Pertama Subaru Forester 2.0X menggunakan mesin DOHC Subaru Boxer 2.000 cc, kemudian 2.5XT mengusung mesin DOHC Turbo-charge Subaru Boxer 2.500 cc.

Buat sobat yang berniat memiliki Subaru Forester generasi ketiga ini, tidak ada salahnya untuk mengetahui rekomendasi bahan bakar minyak (BBM) untuk kedua mesin ini.

Tujuannya agar menjaga performa mesin dari Subaru Forester tetap prima dan tidak mengalami kerusakan di kemudian hari.

Menurut Virajayo, Owner BSS Motor spesialis Subaru di Tambun, Bekasi, Jawa Barat, kedua mesin Forester tersebut memiliki rekomendasi jenis BBM berbeda.

"Rekomendasi pakai Pertamax RON 92 cukup untuk yang NA. Tapi yang Turbo disarankan pakai RON 98, dan dia krusial kalau pakai Pertamax pasti ngelitik," ujar Vira kepada GridOto.com, Jumat (13/05/2022).

Vira melanjutkan, bagi pemilik Subaru Forester dengan mesin non turbo sebenarnya bisa juga memakai Pertalite atau dengan oktan 90 sebagai opsi.

Baca Juga: Kenalin Nih Subaru Outback 2.5i, Estate Winner Berpenggerak 4WD



Namun efeknya adalah tenaga mesin akan berkurang dan disarankan tidak digunakan untuk jangka panjang.

"Pakai Pertalite bisa, injak gasnya santai ngelitik tidak kedengeran. Tapi kalau injak gas agak kasar atau responsif tinggi efeknya akan terasa lemot," ucap Vira.

"Jangka panjang akan ada kerak di dalam piston, karena pembakaran tidak sebagus Pertamax. Bisa nempel di piston, exhaust valve, nempel di katalitik itu lama-lama performa akan drop," pungkasnya.

Sekadar informasi, Subaru Forester generasi ketiga yang diluncurkan di Tanah Air pada 9 September 2008 dibekali dua pilihan mesin 2.0X dan 2.5XT, dan tersedia dalam transmisi otomatis 4-speed dengan SPORTSHIFT.

Soal harga, Subaru Forester generasi ketiga bekas terlebih untuk varian 2.000 cc, di pasaran kini sudah relatif terjangkau mulai Rp 120 juta sampai Rp 150 juta tergantung kondisi unit.

Seperti dari pantauan GridOto.com di situs jual beli kendaraan online, Subaru Forester 2.0X lansiran 2012 berwarna putih dibanderol Rp 148 juta.

Baca Juga: Hasil Tes Akselerasi dan konsumsi BBM Subaru Outback 2.5i, Estate AWD Jago Main Lumpur?