Masalah Gardan Dengung di Daihatsu Taruna, Vendor Ikut Turun Tangan

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 3 Juni 2022 | 13:44 WIB

Daihatsu Taruna CX (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Kisah ini menceritakan pada tahun 2001 lalu, dimana salah satu seorang pembeli Daihatsu Taruna C-Series keluaran tahun 2000 mengalami gardan yang berisik dengan bunyi dengung.

Mega, pemilik Daihatsu Taruna mengatakan, Taruna tersebut padahal baru jalan 15.000 kilometer dan baru servis gratis yang ke-3.

Hal ini tentu saja membuat penasaran Mega, sebab usia mobil yang masih muda kala itu, apalagi masih dalam kondisi garansi.

kasus gardan Taruna mendengung, rupanya juga dialami pemilik lainnya. Umumnya, menimpa generasi pertama racikan 1999 dan 2000 awal.

Beberapa bengkel resmi Daihatsu mengakui hal ini. "Ada dua mobil ganti gear dan side bearing. Tiga lainnya perbaikan," ungkap Ivan (bukan nama sebenarnya), kepala sebuah bengkel resmi Daihatsu di wilayah Jakarta Selatan yang dikutip dari Tabloid OTOMOTIF NO. 10/XI Senin, 16 Juli 2001.

Dok. OTOMOTIF
Daihatsu Taruna C-series

Kasus ini tak ditutupi petinggi servis Daihatsu pusat. "Pada awalawal produksi memang banyak diterima keluhan, tetapi sekarang sudah ada perbaikan," ungkap Agus Nizam, yang saat itu menjabat sebagai executive coordinator service department PT Astra Daihatsu Motor (ADM).

"Menandainya gampang. Coba tengok ke bengkel Daihatsu. Kalau ada Taruna nungging, itu artinya lagi perbaikan gardan," tambahnya.

Penyebab Dengung di Gardan

Secara umum, bunyi 'ngung..gung..' di pentolan gardan bisa disebabkan beberapa faktor. Pertama, penyetelan clearance contact patent.