Cara Beli Mobil Bekas, Kenali Gejala Awal AC Mobil Mulai Rusak

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 15 Juni 2022 | 18:36 WIB

ilustrasi AC Mobil (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Saat membeli mobil bekas tidak hanya periksa kondisi bodi dan mesinnya saja, sistem AC juga harus diperiksa lebih teliti lagi.

Sebab penyejuk udara alias AC menjadi salah satu fitur yang wajib ada, jika kinerja AC kurang baik, tentunya akan membuat suhu udara kabin mobil menjadi panas.

Nah saat ingin membeli mobil bekas, kondisi AC yang sudah mulai rusak sebenarnya bisa dideteksi dan memiliki gejala awal.

Kerusakan Kompresor AC

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Servis Kompresor AC

Pertama saat mesin mobil hidup dan AC mobil dihidupkan, sobat perhatikan suara kompresor AC, kompresor AC yang sudah berisik atau kasar menandakan gejala awal kerusakan AC.

"Pertama dari suara kasar, kalau kita hidupkan AC ada suara kasar, begitu kita off AC-nya suara kasar hilang, itu mendadakan kompresornya yang bermasalah," kata Thayne Finsenda Lika atau Pria yang akrab disapa Ko Lung Lung selaku CEO Dokter Mobil Indonesia.

Penyebab bunyi kasar masih kasar di kompresor AC bisa karena oli kompresor yang kurang, sebab oli kompresor berfungsi sebagai pelumas komponen di dalam kompresor AC, seperti piston, klep, as dan sebagainya.

Selain karena kurangnya oli kompresor, penyebab kasar bisa diakibatkan dari usia atau umur dari kompresornya itu sendiri yang sudah perlu dilakukan peremajaan.

"Saran perawatannya, ganti oli kompresor setiap 1 tahun, itu dilakukan servis besar, termasuk cuci evaporator, cuci kondensor, blower dan sebagainya," ujarnya.