Agar Toyota Avanza Lawas Nyaman Lagi, Biaya Peremajaan Kaki-kaki Segini

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 22 Juni 2022 | 13:18 WIB

Toyota Avanza 2010 Bekas (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Seiring pemakaian dan faktor usia, komponen kaki-kaki bisa mengalami kerusakan atau keausan, kaki-kaki mobil yang sudah rusak tentunya akan mengurangi kenyamanan dan kestabilan saat mobil dikendarai.

Toyota Avanza generasi pertama diproduksi mulai dari 2004 sampai 2011, meskipun usianya sudah lumayan berumur, tapi Toyota Avanza generasi pertama ini masih banyak yang cari di bursa mobil bekas.

Menurut Agun Gunawan selaku owner bengkel kaki-kaki GY Autoshock, umumnya kerusakanan kaki-kaki di Avanza generasi pertama ini ada di bagian shockbreaker, long tie rod, tie rod, ball joint, link stabilizer, karet stabilizer dan bushing arm.

"Keluhan Avanza bekas generasi pertama paling banyak di kaki-kaki, wajar usianya juga kan sudah lebih dari 10 tahun, jadi memang sudah banyak komponen kaki-kaki yang sudah minta ganti," buka Agun Gunawan, owner GY Autoshock yang bengkelnya di Bulak Kapal, Bekasi Timur.

"Kalau kita test drive misal ayunannya sampai 3 kali kaya mantul mantul, ban makan sebelah, itu indikasi kerusakan shockbreaker, mobil dibawa limbung juga, kalau suara gluduk-gluduk bisa dari bushing arm," lanjut Agun.

Dok.OTOMOTIF
Toyota Avanza S AT 2009

Bushing arm yang sudah waktunya ganti selain timbul suara gluduk-gluduk, setir juga jadi tidak stabil dan bergetar.

Berikut biaya permejaan kaki-kaki Toyota Avanza genersi pertama di bengkel spesialis GY Autoshock:

Untuk jasanya, mulai dari Rp 300 ribu sampai Rp 500 ribu.

Abdul Aziz Masindo/otoseken.id
Kaki-kaki Toyota Avanza