Pasang Damper di Suspensi Mobil Bisa Bikin Nyaman Atau Malah Tambah Keras? Simak Penjelasannya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 24 Juni 2022 | 14:05 WIB

Spring buffer sokbreker mobil (Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Banyak isu yang berkembang kalau memakai damper di suspensi atau Spring buffer sokbreker mobil, suspensi akan lebih nyaman, lantas apakah benar dimikian?

Menurut Agun Gunawan selaku owner bengkel spesialis kaki-kaki GY Autoshock di Bulak Kapal Bekasi Timur, mengatakan kalau bantalan karet yang terpasang di spring (per) tersebut bukanlah untuk menambah kenyamanan.

"Damper itu bukan supaya nyaman, memang banyak yang keliru dan salah paham bisa bikin nyaman, malah yang ada tambah keras dan tambah enggak nyaman," buka Agun saat diwawancarai.

"Sebenarnya fungsi utama damper itu supaya mobil lebih stabil, damper ini akan menahan kerja coilover yang reboundnya berlebih sehingga pada saat bermanuver, sehingga mobil lebih rigid dan ejala bodyroll bisa diminimalisir," tambah Agun.

Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Damper untuk suspensi mobil

Selain itu masih kata Agun, penggunaan damper juga bisa bikin pengereman mobil lebih pakem dan bisa bikin usia sokbreker lebih awet.

"Damper itu berguna kalau yang mau mobil lebih rigid dan yang sering bawa muatan atau penumpang penuh, tapi kalau untuk mencari kenyamanan lebih baik jangan pakai, karena akan tambah keras," jelas Agun.

Hal senada juga diungkapkan Thayne Finsenda Lika atau yang akrap disapa Ko Lung Lung, menurutnya penggunaan damper tergantung kebetuhannya.

"Damper atau buffer itu tergantung siapa yang pakai, kalau dia lebih suka bawa mobil yang agresif perlu kestabilan, buffer ini bisa berguna, karena bisa bikin mobil jadi lebih kaku atau rigid," katanya.

"Kita juga jual buffer produk dari kita, pemasangannya mudah tinggal PNP, kemudian pasang damper atau buffer ke per sobreaker dan ikat," tutup Ko Lung Lung.