Banyak yang Masih Cuek, Ketahui Waktu yang Tepat Ganti Oli Gardan Motor Matik

Isal,Abdul Aziz Masindo - Rabu, 7 Juni 2023 | 16:21 WIB

Ilustrasi ganti oli gardan motor matic (Isal,Abdul Aziz Masindo - )

Otoseken.id - Masih banyak pemilik motor matik yang cuek untuk mengganti oli gardan, atau bahkan tidak mengetahui kalau gardan di girboks motor matik juga perlu ganti oli.

Yap sama seperi oli mesin, oli gardan juga perlu dilakukan penggantian secara berkala supaya komponen di dalam giboks pada motor matik lebih awet.

Jika oli gardan enggak pernah diganti, ternyata bisa berdampak negatif pada gear atau gigi rasio yang ada di dalamnya.

"Jika oli gardan pada motor matic enggak pernah diganti, biasanya oli gardan gardan akan berubah jadi encer dan berwarna agak gelap," ucap Hidayat Gunawan, Chief Mekanik Harapan Motor Sejahtera Juanda.

"Kalau oli gardan sudah encer dan berwarna agak gelap, kemampuan pelumasannya sudah tidak sempurna atau bahkan sudah tidak bisa melumasi gear atau gigi rasio pada gardan," tambahnya.

Farhan
Kapasitas oli gardan matic Suzuki injeksi

Sedangkan gigi rasio di dalamnya membutuhkan oli untuk mengurangi friksi atau gesekan antar gear rasionya ketika bekerja.

"Terlalu lama oli gardan tidak diganti tentunya akan membuat gear atau gigi rasio jadi aus," tuturnya saat ditemui di Jalan Ir. H. Juanda No.21A, Depok, Jawa Barat.

Gear atau gigi pada gardan motor matic aus biasanya ditandai dengan timbulnya suara dengung ketika motor matic melaju.

Suaranya akan bertambah keras jika kerusakan atau keausannya semakin parah. Selain usia pemakaian, oli gardan juga bisa rusak karena terkontaminasi oleh air.

Dayat menyarankan untuk melakukan ganti oli gardan motor matik setiap 6.000 kilometer.

"Jadi kalau oli mesin bawaan motor diganti setiap 2.000 km pemakaian, oli gardan diganti setiap 6.000 km pemakaian," Tutup Dayat yang bengkelnya di Jalan Ir. H. Juanda No.21A, Depok, Jawa Barat.

Baca Juga: Ini Bahayanya Jika Filter Oli di Motor Bekas Gak Pernah Ganti