Suara Kasar Berganti Senyap Setelah Bearing CVT Ganti Pakai Ini

RZ-1 - Kamis, 7 Februari 2019 | 14:00 WIB
Bikin senyap suara kasar di CVT motor matik Honda, bisa dilakukan sendiri
DOK. MOTOR PLUS
Bikin senyap suara kasar di CVT motor matik Honda, bisa dilakukan sendiri

Otoseken.id - Pernah dengar bunyi kasar di bagian Continous Variable Transmission alias CVT di motor matik seken, padahal sektor CVT sudah dibersihkan?

Coba cek bearing yang menempel di bak CVT, setiap motor matik pasti pakai bearing  yang berfungsi sebagai penyelaras putaran sekaligus juga meredam entakan yang dihasilkan putaran mesin dari puli depan.

Seiring waktu, bearing bakalan aus dan oblak, memang sulit mendeteksi bearing ini rusak, karena menempel di bak CVT.



Pada motor matik Honda, ada sedikit perbedaan di bearing ini, yakni terdapat bushing berbahan kuningan, tepatnya di bagian lubang diameter dalam.

Baca Juga : Bikin Rebound Sokbreker Standar? Serahkan Langsung Pada Ahlinya Ini

“Bearing orisinal sebenarnya awet, namun pemakaian motor yang cenderung kasar membuat bushing kuningan terkikis hingga membuat bearing oblak,” ucap Jaim Ahmad dari Doktor Jaim, yang buka workshop di Jl.Bambu Kuning Utara Gg Kramat Duri, Cipayung, Jakarta Timur.

Bearing standar dengan bushing kuningan punya kode 6002, eh taunya sekarang ini sudah banyak versi aftermarket yang langsung alias tidak pakai bushing kuningan yang jauh lebih awet.

“Kalau yang tidak ada bushing kode partnya 6002-10 2RS, harga Rp 60 ribu, sudah berikut ongkos pasang,” tambah pria asli Betawi yang juga buka praktik di rumah.

Bushing 6002-10 2RS ini direkomendasikan
DOK. MOTOR PLUS
Bushing 6002-10 2RS ini direkomendasikan

2RS di kode 6002-10, dimaksudkan bearing terdapat seal penutup di kedua sisi, jadi lebih aman dari masuknya debu dan kotoran.

Baca Juga : Yamaha Byson dan V-Ixion Seken, Menggoda di Bawah Rp 10 Jutaan

Kalau mau bongkar sendiri pun gampang, bisa gunakan koran bekas sedikit dibasahi air, lalu masukkan ke dalam lubang bearing sampai bearing terangkat.

Sekarang pasti jadi lebih awet!




Editor : RZ-1
Sumber : MOTOR Plus

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X