VW Caravelle T4, Van yang Punya Fitur Melimpah untuk Segala Keperluan

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 21 Juli 2019 | 12:10 WIB
VW Caravelle T4
VW Caravelle T4

 

Otoseken.id - Volkswagen atau biasa disebut VW pada generasi awal bernama VW Transporter T4 generasi keempat yang kemudian dikenal dengan nama Caravelle.

Van asal Jerman ini hadir sejak 1990 lalu, namun untuk pasar Indonesia Volkswagen Caravelle baru hadir sejak model T4 beredar pada 1992.

Pada saat itu pihak PT Garuda Mataram Motor mengoperasikan VW Caravelle untuk keperluan KTT Non Blok ke-10, mobil ini digunakan untuk membawa staf dari delegasi negara-negara peserta KTT.

Volkswagen Caravelle T4 merupakan van Eropa yang memiliki fitur berlimpah, fitur canggih seperti AC yang sudah climate control tidak absen yang merupakan fitur canggih di masanya.

Selain itu saluran AC sendiri di seluruh baris bangku menambah kenyamanan di penumpang baris kedua dan baris ke tiga.

(Baca Juga: Flashback Mazda E2000, Punya Teknologi dan Fitur Canggih Di Zamannya)

Beranjak ke fitur kesalamatannya, Volkswagen Caravelle juga nomor satu di zamannya, Seluruh bangku sudah dilengkapi seatbelt, belum lagi fitur seperti ABS, airbag dan kontrol traksi yang sudah disandang sebagai kelengkapan standar.

Walaupun berukuran besar, ternyata manuver VW Caravelle sangat lincah dengan radius putar yang kecil, tapi jangan kaget jika saat memutar setir hampir habis terdengar suara mendecit, hal ttu hanya pertanda bahwa putaran setir hampir mentok.

Memasuki tahun 1996, Volkswagen Caravelle hadir berkode GL short wheelbase, tersedia dua pilihan mesin, yaitu bensin 2.500 cc 5 silinder dan turbodiesel 2.500 cc 5 silinder, namun pilihan transmisinya hanya matik.

(Baca Juga: Tak Perlu Minder Punya Toyota Avanza Manual, Masih Banyak Dicari Lo!)

Fitur yang disandang kedua model ini termasuk berlimpah dan modern untuk ukuran mobil di eranya, seperti AC climate control, ABS, airbag, dan seatbelt telah tersedia untuk kedelapan bangku. kontrol traksi, jok kulit dan sunroof.

Di tahun 2003-2004, varian VR6 masuk ke Indonesia, mesin yang diusung berkapasitas 2.800 cc V6, perbedaan mendasar terlihat pada pintu geser di kedua sisi dan jok kulit.

Editor : Arseen
Sumber : Auto Bild Indonesia

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X