Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Ganti Oli Transmisi Suzuki Ignis AGS dan M/T, Pakai Oli Ini

Dok Grid - Senin, 5 Februari 2024 | 14:50 WIB
Suzuki Ignis Sport Edition
Roro Aveline
Suzuki Ignis Sport Edition

Otoseken.id - Saat diluncurkan April 2017 lalu, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), sebagai agen pemegang merk Suzuki di Indonesia merilis Suzuki Ignis dengan gaya Crossover.

Suzuki Ignis menawarkan 2 pilihan sistem transmisi, yaitu transmisi manual dan transmisi otomatis.

Namun transmisi otomatis yang digunakan bukan transmisi matik konvesional ataupun CVT, melainkan Automated Manual Transmission (AMT). 

Suzuki memberi nama AMT dengan sebutan AGS (Auto Gear Shift), pada dasarnya merupakan Automated Manual Transmission (AMT) yang istilahnya transmisi manual yang diotomatiskan.

"Transmisi AGS di Ignis atau di mobil suzuki lainnya itu kan transmisi manual yang diotomatiskan, beda dengan Suzuki Ertiga matik yang konvensional" ucap Hadrian, Service Advisor Suzuki Gunung Sahari, Jakarta.

Baca Juga: Inilah Perbandingan Konsumsi BBM Honda Brio CVT dan Suzuki Ignis AGS

Nah untuk perawatan transmisi di Suzuki Ignis cukup dengan mengganti oli transmisi, oli transmisi Ignis manual (M/T) dan AGS, oli yang digunakan yaitu sama-sama menggunakan Suzuki Genunie Oil (SGO) Manual Transmission dengan spesifikasi SAE 75W-80 GL-4 berukuran 1 liter.

"Sekali penggantian oli transmisi, Suzuki Ignis baik yang AGS maupun manual membutuhkan oli transmisi sebanyak 2.5 liter, beda Suzuki Ertiga full matik yang butuh 7 liter, dan olinya pun khusus oli matik" Kata Hadrian.

Hal ini karena transmisi AGS di Suzuki Ignis adalah girboks manual tanpa pedal kopling.

"Kerja kopling digantikan aktuator hidraulis yang bekerja menurut putaran mesin, perpindahan gigi secara otomatis dilakukan Transmission Control Module (TCM)", katanya.

Editor : optimization
Sumber : Otoseken.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa