Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Merawat Transmisi Manual dan Matik Toyota Avanza, Jangan Cuek Sob

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 31 Juli 2019 | 15:15 WIB
Toyota Avanza di tahun 2012 sempat lakukan regenerasi
wikipedia.org
Toyota Avanza di tahun 2012 sempat lakukan regenerasi

Otoseken.id - Transmisi merupakan sistem pemindah tenaga yang mempunyai fungsi untuk meneruskan putaran mesin dan mengubah momen yang dihasilkan.

Sama halnya dengan mesin yang rutin mengganti oli secara berkala, transmisi juga perlu perawatan dengan mengganti oli secara berkala.

"Perawatan oli transmisi disarankan setiap 40.000 km untuk Toyota Avanza transmisi manual, sedangkan Toyota Avanza transmisi matik penggantian oli transmisi setiap 80.000 km," Kata Erwin Surianto, kepala bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang.

Lain halnya jika penggunaan dalam kota yang sering terkena macet, penggantian oli disarankan mengikuti bulan, yaitu 24 bulan untuk transmisi manual, dan 48 bulan untuk transmisi matik.

Ilustrasi Auto2000
Abdul Aziz Masindo
Ilustrasi Auto2000

(Baca Juga: Jangan Salah Pakai Oli Transmisi Matik, Kenali Dulu Spesifikasinya)

"Kalau di perkotaan yang sering terjebak macet, kan itu kilometer lebih sedikit tapi beban transmisi tetap bekerja," ucapnya.

Oli transmisi untuk Toyota Avanza manual (M/T) yaitu tipe TGTO Toyota sebanyak 2 liter, harga 1 liternya sebesar Rp 69 ribu.

Sementara oli transmisi untuk Toyota Avanza Matik (A/T) yaitu tipe Dextron 3 sebanyak 2 liter, harga per liter Rp 90 ribu.

"Perawatan oli transmisi untuk menjaga performa transmisi Toyota Avanza tetap optimal selain itu mencegah kebocoran transmisi," kata Erwin.

Perawatan berkala transmisi di bengkel resmi termasuk pengecekan kebocoran oli transmisi, dan kelayakan atau usia oli.

Editor : Arseen

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa