Perawatan Berkala Transmisi Matik, Kuras Oli atau Cukup Ganti Oli Aja?

Abdul Aziz Masindo - Senin, 12 Agustus 2019 | 18:05 WIB
Ilustrasi overhaul transmisi matik
Abdul Aziz Masindo
Ilustrasi overhaul transmisi matik

Otoseken.id - Oli merupakan pelumas yang memiliki peran penting untuk mencegah kerusakan dan keausan komponen yang diakibatkan oleh gesekan komponen-komponen lain.

Sama halnya dengan oli mesin, oli transmisi juga perlu dilakukan perawatan dengan cara mengganti oli secara berkala sesuai yang dianjurkan APM (Agen Pemegang Merek).

Umumnya, bengkel spesialis transmisi matik menyediakan jasa penggantian oli transmisi dan kuras oli transmisi, kedua cara tersebut mempunyai cara dan biaya yang berbeda secara signifikan.

Lalu perlukah kuras oli untuk perawatan transmisi secara berkala?

Pemilik sekaligus teknisi ahli dari bengkel spesialis matik Sakira Abadi Motor, Apuy menjelaskan, untuk perawatan transmisi matik cukup hanya mengganti oli transmisi saja.

Ilustrasi transmisi matik pada Suzuki Jimny
Dimas Pradopo
Ilustrasi transmisi matik pada Suzuki Jimny

(Baca Juga: Oli Transmisi Matik Malas Diganti, Siap-siap Tanggung Risikonya )

"Kita enggak nyaranin untuk menguras oli matik untuk perawatan transmisi secara berkala selama tidak ada penyakit," jelas Apuy.

Kuras oli atau flushing adalah membuang seluruh oli yang berada di sistem transmisi, untuk menguras oli pun harus menggunakan mesin ATF charger.

"Selain harus menggunakan mesin khusus dan memakan waktu yang lama, menguras oli transmisi juga membutuhkan oli yang banyak, sekitar 12 liter," katanya.

Editor : Arseen

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X