Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pemakaian 6 Tahun, Toyota Avanza Tahun 2013 Cuma 'Jajan' Ini

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 30 Agustus 2019 | 09:18 WIB
Toyota Avanza Veloz A/T tahun 2013
Toyota Avanza Veloz A/T tahun 2013

Otoseken.id - Toyota Avanza generasi kedua ini pertama kali diperkenalkan pada tahun 2011 lalu.

Yap sampai saat ini Toyota Avanza belum berganti ke generasi selanjutnya, hanya mengalami facelift saja sebanyak 3 kali hingga sekarang.

Mobil sejuta umat ini menawarkan 2 pilihan mesin, yakni 1.300 cc dan 1.500, 4 silinder 16 katup DOHC VVT-i, serta 2 pilihan transmisi manual 5 percepatan, dan otomatis 4 percepatan.

Nah kali ini Otoseken membahas Toyota Avanza generasi kedua tahun 2013, apa saja spare part atau suku cadang diluar fast moving yang sudah diganti selama pemakaian 6 tahun ini?

Nampaknya bukan jadi rahasia umum lagi kalau Toyota Avanza mempunyai Durability (daya tahan) dan reliability (keandalan) yang baik.

(Baca Juga: Mau Cat Ulang Seluruh Bodi Toyota Avanza di Auto2000? Segini Biayanya)

Selama pemakaian Avanza dari tahun 2013 atau 6 tahun dalam pemakaian normal (dalam kota dan luar kota), tidak ada getaran-getaran dan bunyi-bunyi yang aneh.

Pada bagian mesin, tercatat hanya mengganti fan belt seharga Rp 100 ribu dan jasa Rp 50 ribu, dan pulley seharga Rp 350 ribu, namun untuk yang aftermarket seharga Rp 195 ribu.

Selain itu hanya perawatan berkala atau penggantian sparepart fast moving seperti oli mesin, filter oli, filter udara, busi, kampas rem, oli transmisi, dan lain sebagainya.

Beralih ke bagian kaki-kaki, sparepart yang sudah diganti yaitu hanya sokbreker belakang saja, sokbreker belakang OEM Toyota Avanza Rp 440 ribu dan ongkos pasanganya sekitar Rp 100 ribuan.

Kalau harga sokbreker OEM Toyota Avanza yang depan, seharga Rp 1.6 jutaan, sedangkan produk aftermarket merek Tokico Rp 1.3 jutaan.

Yang jadi perhatian lebih pada mobil Toyota Avanza berwarna putih ini adalah warna putih yang gampang menguning, berbeda dengan Toyota Fortuner yang sama-sama warna putih.

Editor : Arseen

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa