Tips Beli Mobil Bekas, Begini Cara Deteksi Kondisi Mesin dari Asap Knalpot

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 12 September 2019 | 11:30 WIB
Asap Knalpot Ngebul
Asap Knalpot Ngebul

Otoseken.id - Peminat mobil bekas tidak kalah dengan mobil baru, selain karena lebih murah, Alasan lain juga karena memang sudah suka dengan desain mobilnya.

Namanya mobil bekas tentu tidak 100 persen dalam kondisi prima, nah salah satu cara mengecek kondisi mesin, bisa dilihat dari warna gas buang hasil pembakaran atau asap knalpot.

"Kondisi mesin bisa dilihat dari asap knalpot, mobil-mobil yang mengeluarkan asap putih pekat, itu wajib dicurigai kondisi mesinnya," Ucap Nugroho, teknisi dari Fajar Auto Teknik, Ciputat Tangerang Selatan.

Gas buang hasil pembakaran yang normal adalah asap putih yang keluar sangat tipis dan cepat menghilang. 

Ilustrasi asap knalpot putih
Istimewa
Ilustrasi asap knalpot putih

(Baca Juga: Filter udara kotor dan Ring Piston Aus Bikin Mobil Boros BBM Lho)

"Kalau asapnya tipis dan cepat hilang, bisa dikatakan mesin memang normal, tapi kalau putihnya pekat dan kena mata perih, nah itu harus turun mesin (overhaul engine)," terangnya.

Ia menjelaskan, asap putih yang cukup pekat merupakan indikasi ring piston yang sudah aus akibat umur dan minimnya perawatan seperti telat mengganti oli, serta adanya oli yang ikut terbakar di ruang pembakaran.

Dampak dari ring piston yang aus menyebabkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Kemudian warna gas buang yang berwarna hitam, asap yang berwarna hitam juga sama-sama menjadi perhatian, pasalnya hal ini dikarenakan pembakaran yang tidak sempurna.

"Asap berwarna hitam ada masalah di injektor atau karburator, dan filter udara, atau kompresi yang hilang, yang kemudian pembakaran menjadi enggak sempurna," tutup Nugroho kepada otoseken.id

Editor : Arseen

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X