Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Pentingnya Ganti Filter Oli dan Gasket Oli Mobil, Agar Mesin Bisa Awet

Dok Grid - Rabu, 6 September 2023 | 10:08 WIB
Ilustrasi pengisian oli mesin mobil
GridOto.com
Ilustrasi pengisian oli mesin mobil

Otoseken.id - Mengganti oli mesin di mobil tidak hanya sekedar mengganti oli saja, tapi ada dua komponan yang sebaiknya diganti bersamaan saat mengganti oli mesin.

Seperti kita ketahui, mengganti oli mesin penting untuk dilakukan supaya performa mesin tetap optimal sekaligus merawat komponen-komponen di dalam mesin, biasanya pabrikan mobil menganjurkan mengganti setiap 10.000 kilometer.

Sebab oli mesin berfungsi sebagai pelumas dari komponen-kompenan yang saling begesekan di dalam mesin supaya komponen mesin tidak cepat aus.

Selain sebagai pelumas, oli mesin juga berfungsi sebagai pendingin mesin dan pembersih komponen yang ada di dalam mesin.

Komponen Mobil yang Wajib Diganti

Nah pada saat mengganti oli, menurut Syaifur selaku Service Advisor (SA) Honda Permata Hijau, Jakarta Selatan, mengatakan ada dua komponen berikut yang sebaiknya dilakukan penggantian:

1. Filter oli

Ilustrasi mengganti filter oli mesin mobil
istimewa
Ilustrasi mengganti filter oli mesin mobil

Pertama adalah komponen filter oli, sebab filter oli berperan sebagai penyaring kotoran dan gram-gram metal maupun besi dari gesekan mesin sebelum oli tersirkulasi ke seluruh bagian mesin.

Baca Juga: Mobil Jarang Ganti Oli Mesin Bikin Boros Bensin? Ini Penjelasannya

2. Gasket oli

ilustrasi gasket oil drain plug
youtube/kensato
ilustrasi gasket oil drain plug

Yang kedua adalah gasket oli mesin, menurut Syaifur komponen ini sering dilupakan saat mengganti oli sendiri maupun di bengkel umum.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa