Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Ingin Beli Mobil Matik CVT? Ini Kelebihan dan Kekurangan Transmisi CVT

Dok Grid - Senin, 13 November 2023 | 16:15 WIB
Ilustrasi tuas transmisi matik di Honda City CVT
Dok.OTOMOTIF
Ilustrasi tuas transmisi matik di Honda City CVT

Otoseken.id - Membahas transmisi, scara garis besar ada dua jenis transmisi mobil, yakni transmisi manual dan otomatis (matik), namun transmisi matik juga memiliki berbagai jenis.

Mulai dari transmisi matik jenis konvensional atau torque converter, seperti pada Toyota Avanza, Innova, Calya, Suzuki Ertiga, dan sebagainya.

Dan transmisi matik jenis CVT (Continously Variable Transmission) yang dipakai di Honda Jazz, Mobilio, Brio, City, Toyota Sienta, dan sebagainya

Nah sebelum memakai transmisi matik CVT, sebaiknya kenali terlebih dahulu kelebihan dan kelemahannya.

Kelebihan Transmisi Matik CVT

Secara teknis, transmisi matik pada dasarnya mengandalkan tekanan oli di transmisi matik yng diatur dari hydraulic control unit yang sekaligus untuk mengontrol kopling.

"Di CVT basisnya tidak pada planetary gear set seperti di matik konvensional, tapi pada yang namanya CVT Assy, terdiri dari 2 puli dan 1 sabuk baja," Kata Hermas Efendi, teknisi senior sekaligus pemilik Worner Matik di Bintaro Tangerang Selatan.

Baca Juga: Tips Beli SUV Matik Bekas Bertransmisi CVT, Cek Dulu Part Satu Ini

Komponen Puli dan Sabuk Baja di mobil Transmisi CVT
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Komponen Puli dan Sabuk Baja di mobil Transmisi CVT

Kelebihan Perpindahan gigi pada trnansmisi matik jenis CVT yang lebih halus (smooth), ini dikarenakan komponen dari 2 puli dan sabuk baja yang membuat perpindahan gigi secara berkesinambungan. 

"Kelebihan transmisi CVT yaitu pergantian rasio gigi yang secara continue, jadi tidak ada rasio gigi bertingkat seperti di AT konsional, di CVT rasio giginya continue atau berkesinambungan yang menyesuaikan dengan putaran mesin, sehingga tidak terasa perpindahannya," ucap Hermas.

Editor : optimization

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa