Penyebab Oli Transmisi Mobil Matik Cepat Berkurang, Jangan Sampai Cuek

Ryan Fasha,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 20 Juni 2021 | 18:06 WIB
Ilustrasi pengecekan oli trasnmisi matic lewat dipstick
Kyn/Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi pengecekan oli trasnmisi matic lewat dipstick

Otoseken.id - Sama seperti mesin, transmisi juga membutuhkan pelumas, salah satu perawatan transmisi yakni dengan mengganti oli transmisi secara berkala.

Cara mengecek volume oli adalah dengan melalui dipstick, jika oli transmisi lebih cepat berkurang dari biasanya, ada kemungkinan terjadi kebocoran oli transmisi.

Seiring usia pemakaian dan tingginya jam terbang, membuat komponen seal atau packing sudah tidak bagus lagi yang kemudian terjadi kebocoran oli transmisi.

"Benar, mobil dengan jam terbang tinggi sering kali oli transmisi berkurang akibat kebocoran," buka Ucup dari bengkel spesialis transmisi Rizky Automatic di Pulogebang, Jakarta Timur.

Baca Juga: 3 Gejala Transmisi Otomatis Konvensional Mobil Bekas Perlu Diperbaiki

"Oli transmisi matik yang berkurang ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor, bisa karena transmisi matik overheat dan kebocoran pada bagian seal atau paking (transmisi)," tambahnya.

Ucup menilai, transmisi matik yang overheat atau panas berlebih diakibatkan pada pemakaian mobil yang ekstrem atau kasar, membuat oli mudah menguap.

"Bila seal yang rusak mudah dijangkau enggak perlu turun transmisi, tapi kalau bagian yang sulit atau paking transmisi matik yang rembes ya harus turun," jelasnya.


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa