Transmisi Dual Clutch Jadi Momok di Ford Focus MK3 Bekas, Ini Tips Biar Tak Kejeblos

Naufal Shafly,Abdul Aziz Masindo - Minggu, 11 Juli 2021 | 19:42 WIB
Ilustrasi Ford Focus generasi ketiga atau Focus MK3
Kompas.com
Ilustrasi Ford Focus generasi ketiga atau Focus MK3

Otoseken.id - Calon pembeli Ford Focus MK3 bekas khawatir mengenai transmisi jenis dual clutch dan menjadi momok alias sesuatu yang menakutkan saat memilikinya, karena jika matik jebol, perbaikannya sangat mahal.

Prinsip kerja transmisi matik dual clutch pada Ford Focus maupun Ford Fiesta sampai mobil-mobil VW, pada dasarnya meupakan gabungan dari dua transmisi manual dengan dua kopling yang ada pada satu housing dan bekerja sebagai satu kesatuan.

Sistem transmisi ini melakukan perpindahan gigi menggunakan aktuator elektrik yang diatur komputer.

Jadi kopling pertama mengatur mekanisme gigi 1, 3, 5 dan mundur, sedangkan kopling kedua mengatur mekainsme gigi 2, 4 dan 6.

Ilustrasi Dual Clutch Transmission
Dok. AutoBild Indonesia

Baca Juga: Lirik Lagi Dual Clutch Transmission di VW Golf dan Ford Fiesta

Sebagai contoh, saat gigi 1 masuk dan dioperasikan oleh kopling pertama, gigi 2 sudah siap juga dioperasikan oleh kopling kedua walau dalam kondisi masih loose atau lepas.

Kemudian ketika dilakukan perpindahan gigi, seiring dengan lepasnya kopling pertama, kopling kedua mulai bekerja dan kopling pertama akan mengatur gigi 3, dan begitu seterusnya.

Menurut Budisusanto, Owner bengkel spesialis Ford, Mastercars.id, di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, transmisi dual clutch Ford Focus cukup bandel selama perawatannya benar.

"Kalau menurut saya, itu (transmisi dual clutch) enggak ada kekurangan. Kata orang, Ford Fokus MK3 itu banyak masalah dual clutch. Sebetulnya itu bukan masalah, tergantung perawatannya aja," kata Budi.


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa