Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Rutin Lakukan Hal Ini, Mobil Bekas Warna Putih Terhindar menguning

Nabiel Giebran El Rizani,ARSN - Kamis, 29 Juli 2021 | 18:10 WIB
Jeep Compass Longitude
Rianto Prasetyo
Jeep Compass Longitude

Otoseken.id - Banyak orang menyukai mobil dengan warna putih, yap warna itu magnet tersendiri bagi sebagian orang.

 

Namun, saat hendak memutuskan untuk meminangnya berarti Anda sudah siap untuk menerima konsekuensinya.

Pasalnya, mobil berwarna putih biasanya lebih rentan mengalami masalah pada warna cat, seperti mudah terlihat kotor saat terkena noda lumpur dan bahkan perubahan warna menjadi kusam atau menguning.

Menurut Adetio Nasution, Professional Trainer dari Meguiar's Indonesia, fenomena menguning tersebut diakibatkan oleh oksidasi pada lapisan clear coat cat mobil.

Baca Juga: Pemilik Mobil Harus Tahu, Ini Jenis APAR yang Cocok Ada di Mobil Bekas

Tio menambahkan, oksidasi sebenarnya bisa terjadi pada semua mobil, namun pada warna putih memang dampaknya akan lebih terlihat karena clear coat yang rusak akan mengalami perubahan menjadi berwarna kekuningan.

"Oksidasi biasanya diakibatkan karena bodi mobil terkontaminasi debu dan kotoran yang menumpuk dalam waktu lama, kemudian terpapar oleh sinar matahari langsung dan terkena air, sehingga menyebabkan cairan clear coat yang melindungi cat mobil kusam dan menguning," terang Tio.

Untuk itu, menurut Tio, lapisan clear coat pada bodi mobil wajib dirawat, caranya dengan rutin membersihkan mobil dengan benar atau datang ke salon mobil untuk melakukan perawatan cat.

"Untuk mobil warna putih yang warnanya telah menguning bisa diputihkan kembali dengan mengaplikasikan cairan khusus, seperti Meguiar's White Wax, dengan terlebih dahulu melakukan pencucian seluruh bodi mobil hingga bersih" tambah Tio.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Fan Belt di Mobil Bekas Sudah Minta Diganti

Editor : ARSN
Sumber : Jip.co.id

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa