Bengkel Spesialis Suzuki Blak-blakan Buka Penyakit Suzuki Vitara Escudo Sidekick

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 18 September 2021 | 10:00 WIB
Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo, beda tampang beda cerita tapi satu pemilik
Istimewa/Ilham Akbar
Suzuki Vitara dan Suzuki Escudo, beda tampang beda cerita tapi satu pemilik

Otoseken.id - Jika Anda berencana mengambil Suzuki Vitara, Escudo maupun Sidekick, ada baiknya mengetahui kelemahan atau penyakit khasnya biar nanti tak pusing saat 'memelihara' Suzuki VES ini.

Memang Sport Utility Vehicle (SUV) besutan Suzuki ini populer di era 90-an, Suzuki VES alias Vitara Escudo Sidekick menjadi SUV yang laris manis berkat desain dan kenyamanannya pada saat itu.

Pertama kali diluncurkan di Indonesia pada 1992, Vitara datang dengan suspensi per keong yang menjadi kelebihan dibandingkan kompotitornya.

Di sektor mesin, VES lansiran 1992-1994 memiliki kode mesin G16A SOHC 8 katup dan pasokan bensinnya masih pakai karburator. Kemudian produksi 1995 hadir versi injeksi walaupun kode mesinnya sama-sama G16A tapi head silinder dengan 16 valve.

Suzuki Vitara 1992
Dok. Tabloid OTOMOTIF
Suzuki Vitara 1992

Baca Juga: Suzuki Vitara JLX 4x4 Tahun 1993, Mulus Kayak Baru Harganya Segini

Memasuki tahun 2001, Suzuki kembali menjual lini SUV nya dengan nama Suzuki Escudo dengan perubahan bentuk yang signifikan, disebut Escudo generasi kedua.

Nah menurut Wahri dari bengkel Spesialis Suzuki Ari Motor, Penyakit Suzuki Vitara, Escudo, Side Kick, maupun Escudo generasi kedua yang bermesin G16 yaitu oli mesin yang sering menguap.

Ilustrasi Suzuki Escudo 1.6
Istimewa
Ilustrasi Suzuki Escudo 1.6

"Penyakit Suzuki Vitara Escudo Sidekick dari dulu penyakitnya makan oli, oli cepat menguap," buka Wahri, Owner bengkel spesialis Suzuki Ari Motor di BSD Tangerang Selatan.

"Escudo yang generasi kedua pun yang tahun 2001 juga sama begitu makan oli, kecuali yang 2.000 cc (Grand Vitara) dia kan kode mesinnya sudah beda J20" lanjut Pria yang akrab disapa Ari. 

 

Baca Juga: Sejarah Suzuki Vitara, Escudo, dan Sidekick, SUV Sukses di Zamannya


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa