Sering Disepelekan, Kenali Ciri-ciri Oli Gardan Mobil Perlu Diganti

ARSN,Abdul Aziz Masindo - Kamis, 23 September 2021 | 17:05 WIB
Ilustrasi gardan mobil
Iman/GridOto
Ilustrasi gardan mobil

Otoseken.id - Di mobil bekas, sebagai penerus tenaga dari mesin ke roda gardan mobil punya peran penting.

Gardan atau differential bisa kita jumpai di mobil berpenggerak roda belakang atau Rear Wheel Drive (RWD), seperti Toyota Avanza, Innova, Pajero Sport, Terios dan sebagainya dan mobil dengan berpenggerak 4WD.

Namun beberapa pemilik mobil lupa mengganti oli gardan, padahal keberadaan oli gardan sangat penting, mengingat gardan memiliki gear yang selalu bergesekan.

Ciri-ciri atau gejala oli gardan sudah waktunya diganti bisa dirasakan pada saat dikendarai, terdengar suara dengung dari area bawah mobil.

Baca Juga: Masih Banyak yang Salah Paham, Oli Gardan Berbeda dengan Transmisi

Gardan mobil
Gardan mobil

Selain dari suara dengung, juga bisa dirasakan dari getaran di area bawah mobil.

"Suara dengung dan getaran di gardan akibat gir di oli gardan itu tidak terlumasi dengan baik," kata Sarudin, Kepala Bengkel Astrido Daihatsu Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Umumnya penggantian oli gardan dilakukan setiap 40.000 ribu kilometer.

Seperti diungkapkan Erwin Surianto, Kepala bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang, yang mengatakan penggantian oli gardan setiap kelipatan 40.000 km.

"Ganti oli gardan setiap kelipatan 40.000 km, sama seperti mengganti oli transmisi Avanza yang manual 40.000 km juga, tapi kalo oli matik di 80.000 kilometer, dua kali ganti oli gardan, sekali ganti oli transmisi matik" tutup Erwin Surianto, Kepala bengkel Auto2000 Pasar Kemis, Tangerang.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa