Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Nissan Grand Livina Gampang Ngelitik, Ini Penyebab dan Solusinya

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 25 September 2021 | 15:00 WIB
Ilustrasi Nissan Grand Livina
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi Nissan Grand Livina

Otoseken.id - Pemilik Nissan Grand Livina maupun Livina banyak yang mengeluhkan mesin ngelitik atau istilah teknisnya knocking.

Seperti yang diungkapkan oleh Sugianto dari bengkel spesialis Nissan Auto Clinic, menurutnya Grand Livina maupun Livina sering ditemui gejala ngelitik.

"Gejala ngelitik memang sering ditemui di Grand Livina dan Livina, baik yang generasi L10 maupun L11," buka Sugianto, Owner bengkel spesialis Nissan Auto Clinic di Harapan Indah Bekasi.

Menurut Pria yang dulunya bekerja di bengkel resmi Nissan ini mengatakan, penyebabnya mesin ngelitik akibat EGR (Exhaust Gas Recirculation) sehingga menimbulkan karbon di ruang pembakaran.

Ilustrasi Nissan Grand Livina 1.5 tipe HWS keluaran 2013
Dok. OTOIMOTIF
Ilustrasi Nissan Grand Livina 1.5 tipe HWS keluaran 2013

Baca Juga: Benerin Mesin Nissan Grand Livina Pincang, Cuma Keluar Rp 25 Ribu

"Mesin ngelitik karena Grand Livina dan Livina mempunyai EGR (Exhaust Gas Recirculation), kalau mobil-mobil Nissan yang lain katakanlah Serena, X-Trail dan lainnya itu enggak pakai EGR," ungkapnya.

"Jadi emisi yang seharusnya dibuang, ini dibalikkan lagi, bisa terjadi penumpukan karbon di ruang pemakaran akibat EGR (Exhaust Gas Recirculation), itu mesin bisa knocking atau ngeletik, " lanjut Pria yang akrab disapa Ugi ini.

Perlu diketahui EGR atau Exhaust Gas Recirculation digunakan untuk mengurangi emisi dengan mengembalikan gas sisa pembakaran kembali ke intake manifold.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa