Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Nissan X-Trail T31 Transmisi Manual Timbul Bunyi Gesekan, Perbaikan Bisa Rp 7 Juta

Abdul Aziz Masindo - Senin, 4 Oktober 2021 | 15:17 WIB
Ilustrasi Nissan X-Trail T31 generasi kedua
tribunnews.com
Ilustrasi Nissan X-Trail T31 generasi kedua

Otoseken.id - Nissan X-Trail T31 generasi kedua (2009 - 2013) memiliki pilihan transmisi otomatis CVT dan manual 6-percepatan.

Hadir dengan dua pilihan mesin, mesin 2.000 cc berkode MR20DE 4-silinder 16 valve DOHC bertenaga 136 dk di 5.200 rpm, dan torsi sebesar 198 Nm di 4.400 rpm.

Sedangkan untuk pilihan mesin 2.500 cc berkode QR25DE 4-silinder 16 valve DOHC, punya tenaga mencapai 170 dk di 6.000 rpm dan torsi 226 Nm di 4.400 rpm.

Nah bagi Anda yang ingin memiliki Nissan X-Trail T31 2.000 cc bertransmisi manual, jika timbul suara aneh seperti gesekan atau gluduk di area transmisi, patut waspada.

"Buat X-Trail T31 yang manual, ini ada masalah yang lumayan berat, karena biayanya lumayan mahal, ini biasanya kerusakan ada di flywheel kalau yang manual," buka Sugianto, Owner bengkel spesialis Nissan Auto Clinic di Harapan Indah, Bekasi.

Baca Juga: Nissan X-Trail T31 Harga Bekas Anjlok, Simak Beberapa Kelebihannya

Pria yang akrab disapa Ugi ini menjelaskan, pada komponen flywheel di Nissan X-Trail T31 Manual, memiliki damper pada flywheel.

"Karena flywheel di X-Trail T31 manual ada dampernya, ketika sering dipakai atau karena umur, dampernya rusak bakalan timbul bunyi-bunyi seperti suara gesekan atau parahnya sampai gluduk," jelas Ugi.

"Mobil pada umumnya kan flywheel cuma bulat dan rata gitu, kalo di X-Trail T31 yang 2.000 manual itu flywheel ada damper buat meredam getaran," lanjutnya.

Sayangnya, ketika damper sudah aus atau rusak akibat usia pemakaian, diharuskan membeli flywheel (assy).

"Itu lumayan berat dan mahal kalau rusak, damper enggak bisa diperbaiki, dan sampai sekarang belum ada yang bisa diperbaiki karena kan harus balence, Jadi harus ganti assy flywheel kurang lebih Rp 6 sampai 7 jutaan," Tutup Sugianto, Owner bengkel spesialis Nissan Auto Clinic di Harapan Indah, Bekasi.

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa