Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Setir Bergetar di Kecepatan Tinggi dan Ngebuang, Ini Penyebab dan Tips Perawatannya

Abdul Aziz Masindo - Kamis, 22 Juni 2023 | 12:31 WIB
Ilustrasi berkendara
Dok.OTOMOTIF
Ilustrasi berkendara

Otoseken.id - Saat mobil dipacu dengan kecepatan tinggi dan kemudian terasa getaran di setir dan mobil berasa ngebuang ke kiri dan ke kanan, harus waspada.

Setir yang bergetar saat dipacu kecapatan tinggi dan ngebuang akan mengurangi kenyamanan dan membahayakan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Nah kondisi seperti itu salah satu indikasinya ban mobil Anda membutuhkan perawatan lebih lanjut, sebab seiring jangka waktu pemakaian dan kondisi jalan yang ditempuh serta gaya mengemudi, dapat mengubah setting-an roda.

Alignment atau yang lebih dikenal dengan istilah spooring gejalanyasetir berbelok sendiri atau ngebuang ke arah kanan atau kiri.

Baca Juga: Penyebab Setir Toyota Avanza Berat Diputar, Simak Solusi Jitunya

Dengan melakukan Alignment atau spooring, teknisi akan menyelaraskan setelan posisi roda agar menyeimbangkan antara setelan toe, camber atau caster. 

Proses alignment atau spooring pada ban wajib dilakukan oleh pemilik dan pengendara mobil ketika posisi setir sudah tidak searah dengan posisi ban mobil.

Ilustrasi spooring mobil
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi spooring mobil

Hal tersebut diakibatkan oleh posisi dari sudut camber dan sudut caster yang sudah melenceng terlalu jauh dan terjadi perubahan yang signifikan akibat ketidaksesuaian dari posisi ban.

Secara teknis wheel alignment atau spooring akan membantu ban untuk mengintegrasikan semua faktor geometri dari sistem kemudi dan suspensi, untuk menghasilkan kualitas stabilitas kendaraan yang lebih baik dan tentunya juga meningkatkan masa pakai ban.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa