Suara Mesin Mobil Diesel Lebih Kasar, Waspada Part Ini Sudah Aus

Abdul Aziz Masindo - Senin, 25 Oktober 2021 | 06:00 WIB
ILUSTRASI mesin diesel 2KD Toyota
Dok. OTOMOTIF
ILUSTRASI mesin diesel 2KD Toyota

Otoseken.id - Mesin diesel memang memiliki suara yang lebih berisik ketimbang mesin bensin, tapi kalau suara mesin diesel kasar dan timbul suara aneh, patut waspada.

Menurut Erick Budhiman dari bengkel Jakarta Diesel Squad, suara mesin diesel yang kasar dari biasanya bisa disebabkan karena komponen metal jalan yang aus.

"Suara mesin diesel memang umumnya kasar daripada mesin bensin, tapi kalau suaranya kasar bunyi 'tak tak tak' itu patut waspada, itu bisa dari metal jalan yang sudah aus," ucap Erick Budhiman yang bengkelnya berada di Cipinang Muara, Jakarta Timur.

Indikasi keausan metal jalan dapat diketahui jika menaikkan rpm atau gas, suara kasar makin jelas terdengar, sumber suara paling jelas berada di bagian bawah mesin atau kolong.

Baca Juga: Gak Usah Bingung, Maintenance Mesin Diesel yang Benar Tuh Begini

Metal jalan sendiri berfungsi untuk melapisi dan menjadi bantalan untuk setang piston atau bahasa teknisnya connecting rod.

Metal jalan memiliki bentuk melengkung seperti bulan sabit yang terbuat dari besi dan campuran bahan lain.

 Kerusakan atau keausan metal jalan diakibatkan karena buruknya kualitas oli atau pemilik mobil malas untuk mengganti oli mesin.

Selain itu suara kasar juga bisa disebabkan karena injektor yang bermasaklah

"Suara kasar juga bisa dari injektor, tapi bedanya mesin pincang, kalau rpm dinaikkan, suara kasarnya hilang," tutup Erick.

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa