Jarang Diperhatikan, Sokbreker Motor Bagian Depan Juga Perlu Ganti Oli

ARSN,Muhammad Farhan - Selasa, 26 Oktober 2021 | 19:05 WIB
Ilustrasi sokbreker motor
Isal/GridOto.com
Ilustrasi sokbreker motor

Otoseken.id - Nah kan, pemilik motor sering banget jarang memperhatikan oli sokbreker depan motor nih. Ternyata perlu diganti juga.

Selain kebersihan sokbreker harus dijaga supaya awet lama, di dalam sokbreker terdapat oli yang bisa menurun kualitasnya karena pemakaian.

Jangan tunggu sampai sokbreker rusak, sebaiknya oli sok diganti baru secara berkala setelah dipakai dalam jangka waktu tertentu.

“Mirip oli mesin, kualitas dan kapasitas oli sokbreker juga bisa mengalami penurunan sehingga bikin kerja sok tidak maksimal,” ungkap Romandono, pemilik bengkel Joko Shock Jaya yang ada di Jl. Kemiri 6 No.30, Pondok Cabe, Tangerang Selatan

Baca Juga: Cara Mudah Rawat Sokbreker Motor Bagian Depan Biar Awet di Musim Hujan

Nah makanya sokbreker bisa terasa berubah karakternya meskipun enggak terlihat ada kerusakan seperti bocor, kemungkinan karena kondisi oli sok di dalamnya yang berubah.

Contohnya bantingan sok jadi terasa keras, terdengar bunyi jeduk, bahkan bikin tapak ban aus enggak merata karena sokbreker rusak.

Perbandingan oli sokbreker Yamaha dengan Honda
Isal/GridOto.com
Perbandingan oli sokbreker Yamaha dengan Honda

“Sebetulnya semua tergantung kondisi pemakaian motor, namun idealnya bisa ganti oli sokbreker setiap 15 ribu kilometer atau setahun sekali,” jelas Pak De.

Prosesnya oli sok sebelumnya bakal dikuras habis, lalu kembali diisi oli sok baru sesuai dengan kapasitas yang dibutuhkan.

Baca Juga: Cara Bikin Bantingan Sokbreker Depan Motor Enak, Gunakan Koin Rp 500 Perak


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id



KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa