Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Agar Lebih Awet, Ini Tips Perawatan dan Cara Pakai Mobil Matik CVT yang Baik dan Benar

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 10 November 2021 | 18:35 WIB
Toyota All New Veloz
F Yosi/Otomotifnet
Toyota All New Veloz

Otoseken.id - PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz generasi terbaru hari ini, Rabu (10/11/21).

"Setelah 18 tahun hadir sebagai bagian dari keluarga Indonesia, hari ini kami dengan bangga meluncurkan All New Avanza dan All New Veloz untuk konsumen di Tanah Air," ucap Henry Tanoto selaku Vice President TAM dalam keterangan resminya.

Jika Toyota Avanza dan Veloz dari sejak awal peluncuran mengandalkan transmisi matik konvensional, kali ini Toyota menyematkan transmisi matik jenis CVT (Continuously Variable Transmission) di LMPV andalan mereka.

Transmisi matik CVT yang digunakan All New Avanza dan All New Veloz ini bukanlah murni CVT, melainkan dual mode seperti yang digunakan pada Toyota Raize.

Baca Juga: Toyota Avanza dan Xpander Baru Pakai Matik CVT, Ahli Matik Bilang Gini

Dimana teknologi ini menggabungkan antara matik CVT dengen penggerak sabuk baja untuk kecepatan bawah, dan matik konvensional yang berbasis plenatary gear set yang digunakan saat di kecepatan tinggi.

Hermas Efendi Prabowo selaku pemilik bengkel spesialis matik Worner Matic mengatakan, transmisi matik jenis CVT butuh perhatian, khususnya soal perawatan dan cara mengemudinya.

Transmisi D-CVT yang Dipakai di Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz
Radityo Herdianto / GridOto.com
Transmisi D-CVT yang Dipakai di Toyota All New Avanza dan Toyota All New Veloz

"Yang pertama pola berkendara harus yang baik, kalau di lampu merah geser tuas transmisi dulu, baru turunin hand rem, jangan kebalik, hand rem dulu baru tuas, karena ada waktu jeda yang enggak kekejar di situ," buka Hermas.

Ia menyarankan untuk memberikan jeda 1 detik setelah memindahkan tuas transmisi dari N ke D sebelum injak pedal gas.

Baca Juga: Cara Gampang Bikin Awet Transmisi CVT, Bisa Sampai Ratusan Ribu KM

Begitupun pada saat mobil mundur dan ingin melaju kembali, pastikan mobil benar-benar berhenti terlebih dahulu, sebelum memindahkan tuas transmisi ke D.

"Kadang kita mau maju atau mundur kalau mau parkir buru-buru, time engagement-nya enggak kita tunggu dulu, padahal dia butuh waktu 1 detik, akibatnya tekanan oli belum benar-benar sempurna mendukung kerja CVT itu, lama-lama menimbulkan gesek yang berlebihan," jelas Hermas.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa