Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Transmisi CVT Nissan Serena C26 dan X-Trail T31 Sering Overheat, Ini Solusinya

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 17 November 2021 | 17:22 WIB
Nissan Serena C26 bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Nissan Serena C26 bekas

Otoseken.id - Mobil-mobil Nissan sudah banyak yang mengadopsi transmisi matik jenis CVT (Continous Variable Transmission), seperti pada Serena generasi kedua (C26) dan X-Trail T31 generasi kedua (T31).

Prasetyo Nugroho selaku Co-Founder sekaligus Kepala Mekanik bengkel spesialis Nissan dan Mitsubishi Morgan Garage mengungkapkan, CVT di Serena C26 dan X-Trail T31 ternyata sering mengalami overheat.

"Mesin Serena justru bandel, kelemahannya justru di transmisi CVT, CVT ini sebenarnya cukup pintar, cuma dia punya sistem pendinginan yang enggak terlalu cocok di iklim Indonesia," buka Prasetyo Nugroho, Kepala Mekanik bengkel spesialis Nissan dan Mitsubishi Mirgan Garage.

"Jadi gampang overheat, di saat sudah panas suhu transmisi CVT-nya, itu dia bisa masuk ke safe mode," lanjut Pras yang juga pemakai Serena C26.

Nissan X-Trail T31 2008
Dok.OTOMOTIF
Nissan X-Trail T31 2008

Baca Juga: Kaki-kaki Nissan Serena Ada Bunyi Kasar, Penyebab Bisa Karena Ini

Masih kata Pras, jika transmisi overheat dan sudah masuk ke safe mode, sistem akan secara otomatis meng-cut tenaga Serena C26 maupun X-Trail T31 menjadi lemot dan tidak bertenaga.

"Ini karena gearbox CVT di Serena C26 dan X-Trail T31 pendinginnya kecil, yang mengalami overheat di Serena C26 cukup banyak tiba-tiba lemot," katanya saat diwawancarai di bengkelnya yang terletak di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

"Banyak kejadian saat sering bertemu jalan yang nanjak-nanjak, tapi kalau crusing di tol itu enggak overheat," tambah Pras.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa