Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Setir Honda CR-V Turbo 2017 Terasa Berat, Penyebabnya Karena Ini

Abdul Aziz Masindo - Rabu, 15 Desember 2021 | 15:57 WIB
Setir Honda CR-V Turbo
Youtube GridOto
Setir Honda CR-V Turbo

Otoseken.id - Kemudi atau setir Honda CR-V Turbo terasa berat, masalahnya ternyata ada di Motor EPS (electric Power Steering) yang bermasalah.

Ivan pemilik showroom Tira Auto di Karawaci Tangerang, yang juga mantan SPV Marketing Honda di bilangan Jakarta Selatan, mengatakan, masalah motor EPS di Honda CR-V Turbo ini banyak dikeluhkan pada CR-V Turbo produksi awal tahun 2017.

"CR-V Turbo jadi dulu waktu produksi pertama itu di tahun 2017, banyak yang mempermasalahkan setir terasa berat, termasuk CR-V saya yang juga kena, jadi selain tahu penyebabnya saya juga ngalamanin sendiri waktu itu," ujar Ivan yang kala itu masih bekerja di Honda di Jakarta Selatan.

Konvoi Honda CR-V turbo di Bromo, Jawa Timur
Dok. Otomotif
Konvoi Honda CR-V turbo di Bromo, Jawa Timur

"Jadi di motor EPS di ujungnya harusnya ada klep yang nutupin biar dia lebih vakum  dan mencegah tekena air, nah itu enggak ada di unit-unit yang pertama doang, keluaran 2017 sekitar bulan 8 dan 9," lanjut Ivan.

"Motor EPS yang kecipratan air, EPS jadi berat, akhirnya mobil kita towing dan kita bawa ke bengkel resmi, begitu dicek ternyata klep penutup buat motor EPS yang engga ada," tambah Ivan.

ILUSTRASI Motor EPS
Dok. OTOMOTIF
ILUSTRASI Motor EPS

Baca Juga: Penyakit Honda Civic & CR-V Turbo Seken, Oli Mesin Berkurang, Wajar?

Masih kata Ivan, sedangkan untuk Honda CR-V Turbo keluaran 2017 akhir dan seterusnya, klep untuk menutup motor EPS sudah dipasang sehingga kasus motor EPS yang rusak karena cipratan air sudah tidak ditemukan lagi.

Sekedar informasi, Honda CR-V menggunakan sistem electric power steering (EPS) agar pengemudi lebih mudah mengoperasikan setir.

Beda dengan Power steering jenis hidraulis, power steering jenis elektrik (electric power steering) tidak memerlukan cairan atau oli pelumas, sebab electric power steering mengandalkan motor listrik dan ECU.

Motor listrtik yang berperan menggerakan komponen mekanis steering rack, reduction gear yang memasukan data tenaga bantuan untuk menggerakan komponen mekanis steering rack, dan torque sensor yang menyelaraskan output sistem EPS dengan keinginan pengemudi.

Selain itu, karena air musuh utama dari komponen-komponen electric power steering (EPS), jadi sebisa mungkin hindari genangan banjir yang cukup tinggi, karena ini dapat merusak komponen motor listrik dan kelistrikan dari EPS.

 

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa