Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tenaga Mobil Kurang Responsif dan Ada Gejala Brebet, Ini 7 Penyebabnya

Abdul Aziz Masindo - Sabtu, 25 Desember 2021 | 12:54 WIB
Ilustrasi rpm mobil
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi rpm mobil

Otoseken.id - Saat melakukan perjalanan luar kota, selain kondisi fisik yang prima, tentunya kondisi mobil juga harus sehat.

Nah Jika dirasa tenaga mobil kurang responsif akan membuat bahan bakar lebih boros, apalagi kalau sampai mesin brebet dan ndut-ndutan, tentunya akan mengurangi kenyamanan dan membuat was-was.

Gejala tenaga mobil kurang responsif dan ada gejala brebet bisa disebabkan dari beberapa faktor, seperti kurangnya melakukan servis dan tune up, serta tidak mengganti komponen yang sudah aus.

Berikut 7 penyebab tenaga mobil kurang responsif dan timbul gejala brebet di mobil:

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Busi Mobil Perlu Diganti, Indikasinya Mobil Brebet dan Ada Gejala Ini

1. Filter Bahan Bakar

pembersihan filter bensin
Ryan/GridOto.com
pembersihan filter bensin

Hal pertama yang patut kita curigai adalah filter bahan bakar, menurut Hans Steven, pemilik bengkel Speed'Z Performance, pengecekan filter bahan bakar sering dilupakan pemilik mobil.

Jika filter bahan bakar yang sudah waktunya diganti, sudah tidak optimal menyaring kotoran, akibatnya kotoran yang mengendap dapat masuk ke ruang pembakaran.

Ia menyarankan untuk mengganti secara berkala filter bahan bakar setiap servis besar di 40.000 kilometer.

2. Busi

Ilsutrasi busi mobil yang sudah terpakai
Dok. JIP
Ilsutrasi busi mobil yang sudah terpakai

yang kedua yaitu pada part busi, busi atau spark plug menjadi salah satu komponen penting di mesin berbahan bakar bensin, busi berperan sebagi pemantik bunga api pemakaran di kepala silinder.

Busi yang berkerak akan menghambat pengapian busi, selain itu busi dengan pengapian yang sudah melemah bisa berdampak ke gas mobil yang kurang responsif.

"Tanda busi perlu diganti bisa juga dirasakan dari gas yang kurang responsif, istilahnya ngeberebet seperti tersendat-sendat," Kata Aliong, Owner King Mobil, Tangerang.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa