Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

mobil bekas

Sering Campur BBM Beda Oktan Ternyata Ada Dampak Negatifnya, Part Ini Bisa Rusak

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 31 Desember 2021 | 08:15 WIB
Ilustrasi beberapa jenis BBM di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi beberapa jenis BBM di SPBU

Otoseken.id - Masih banyak masyarakat Indonesia yang masih salah kaprah dengan mencampur BBM oktan tinggi dengan oktan rendah supaya lebih hemat, padahal cara seperti itu berdampak negatif.

Ambil contoh angka RON (research octane number) di Pertamina mulai dari RON 88 (premium), RON 90 (Pertalite), RON 92 (Pertamax), dan RON 98 (Pertamax Turbo).

Semakin tinggi angka RON, maka semakin mahal juga harga per liter bahan bakar tersebut.

Dengan mencampur dua jenis BBM dengan oktan yang berbeda, memang bisa mendapatkan kadar oktan sesuai keinginan dengan harga yang lebih rendah.

Ilustrasi bahan bakar di SPBU
Rianto Prasetyo/GridOto.com
Ilustrasi bahan bakar di SPBU

Baca Juga: Pakai Bahan Bakar Tidak Sesuai Anjuran Oktan, Ini Dampak ke Busi

 Namun Tri Yuswidjajanto Zaenuri, dosen teknik mesin ITB dan juga peneliti LAPI ITB menegaskan, hal itu bisa terjadi pengenceran dan penurunan kadar aditif deterjen dalam BBM campuran tersebut.

"Kalau sering mencampur bahan bakar, nantinya akan ada harm effect, misalnya mencampur bensin Premium (RON 88) dengan Pertalite (RON 90) misalnya," beber Pria yang akran disapa Prof Yus ini.

Lebih lanjut Yus menjelaskan, masing-masing jenis BBM (Bahan Bakar Minyak) memiliki kadar deterjen yang berbeda-beda atau bahkan tidak ada sama sekali.

"Makanya, meskipun secara oktan kita dapat ketika mencampur (BBM oktan rendan dan tinggi), tapi bahaya depositnya justru naik," jelas Tri Yuswidjajanto Zaenuri.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa