Cara Mengatasi Rack Steer Toyota Corolla Altis Gen 2 Timbul Bunyi

ARSN,Abdul Aziz Masindo - Selasa, 25 Januari 2022 | 19:10 WIB
Ilustrasi Toyota Corolla Altis Gen 2
Wikipedia.org
Ilustrasi Toyota Corolla Altis Gen 2

Otoseken.id - Begini lho cara mudah mengatasi rack steer Toyota Corolla Altis gen 2 yang timbul bunyi-bunyian menggangu.

Toyota Astra Motor (TAM) mengenalkan Corolla Altis generasi kedua pada tahun 2008 lalu hingga tahun 2013.

Walaupun Toyota Corolla Altis kualitasnya tak perlu diragukan lagi, namun ada beberapa pengguna Corola Altis generasi 2 yang mengeluhkan bunyi di sektor kaki-kaki depan yang masuk ke kabin.

Ternyata bunyi tersebut diakibatkan steel damper yang bergeser dan mengalami keausan, solusinya dengan membongkar rack steer dan menyetel ulang posisi steel damper-nya.

"Solusinya harus bongkar pasang rack steer dan menyetel ulang posisi steel damper-nya," ujar Radityo, Humas dari Altis Indonesia Community (Altic), dikutip dari Otomotifnet.com.

Untuk mengetahui apakah steel damper bergeser atau tidak, bisa melakukan pengecekan mandiri di rumah. Caranya dengan menggantung roda depan kanan dan kiri, kemudian menggoyangkan ke arah kanan, kiri, atas dan bawah. 

Apabila tidak ada goyangan yang signifikan pada roda, tetapi masih terdapat bunyi, bisa dipastikan rack steer Corolla Altis yang sudah mengalami masalah. 

Komunitas Altis Indonesia Community pun berbagi tips mengenai pembongkaran dan penyetelan rack steer pada Corolla Altis generasi kedua, berikut langkahnya.

1. dongkrak bagian depan kanan dan kiri, kemudian copot bannya.

Baca Juga: Kilas Balik Toyota Corolla Altis Gen 1, Kental Tampang Lexus, Sekennya Murah


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa