Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Tips Beli Toyota Alphard CBU Generasi Pertama, Ini Penyakit yang Sering Kena

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 18 Februari 2022 | 06:30 WIB
Toyota Alphard generasi pertama
Dok. OTOMOTIF
Toyota Alphard generasi pertama

Otoseken.id - Meskipun harga Toyota Alphard generasi pertama sudah berkisar Rp 150 - 200 jutaan, tapi Alphard masih melakat sebuah Big MPV yang mewah dan nyaman, bahkan menjadi simbol kemapanan pemiliknya.

Toyota Alphard generasi pertamanya masuk ke Indonsia sejak 2003, tapi pada saat itu masih dimasukkan melalui Importir Umum (IU), makanya varian dan tipenya banyak.

Sebab PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek Toyota Indonesia baru memasukkan Toyota Alphard ke Indonesia pada pada 2008 melalui Alphard generasi kedua.

Toyota Alphard generasi pertama dengan kode bodi AH10 masih mengesankan citra mewah meskipun usianya sudah cukup tua. Ada 5 varian yang disodorkan Toyota secara berurutan yakni AXL, AS, ASG, MZ, dan MZG.

Sedangkan mesin yang ditawarkan ada 2 pilihan, yakni berkapasitas 2.400 cc berkode 2AZ-FE 4-silinder bertenaga 160 dk dan torsi 221 Nm di tipe AXL, AS, ASG, G dan V.

Toyota Alphard 2.4 ASG 2006
Instagram @alwinsoo

Dan pilihan mesin yang lebih besar 3.000 cc berkode 1MZ-FE V6 bertenaga 220 dk dan torsi 304 Nm di tipe MZ dan MZG, di varian 3.000 cc juga tersedia pilihan penggerak keempat roda atau All Wheel Drive (AWD).

Nah bagi Anda yang sedang berburu Toyota Alphard CBU generasi pertama, sebaiknya lakukan pengecekan lebih teliti mengingat usianya yang sudah berumur serta mengetahui penyakit yang sering ditemui.

Menurut Edwin selaku Owner bengkel spesialis Toyota Anugerah Motor di MGK Kemayoran mengatakan, penyakit yang sering ditemui Alphard generasi pertama adalah engine mounting.

"Alphard model lama mesin aman jarang ditemui masalah-masalah yang berarti, yang banyak datang ke sini itu ganti engine mounting, wajar engine mounting yang sudah pecah akibat usia," ujar Edwin.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa