Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Penyebab Lampu Mobil Redup Sebelah dan Cara Mengatasinya

Abdul Aziz Masindo - Minggu, 6 Maret 2022 | 12:41 WIB
Ilustrasi lampu mobil redup sebelah
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Ilustrasi lampu mobil redup sebelah

Otoseken.id - Lampu utama mobil redup sebelah jangan langsung ganti bohlam, sebab ada faktor lain penyebab lampu utama redup sebelah.

Seperti kita ketahui, lampu utama berperan penting untuk visibilitas berkendara di malam hari, selain itu lampu jauh juga sebagai isyarat untuk meminta jalur ketika mendahului kendaraan lain.

Tentunya jika lampu utama redup akan berbahaya karena mengurangi visibilitas berkendara khususnya di malam hari.

Menurut Fajar dari bengkel Auto Teknik di Tangerang, penyebab paling sering lampu utama mobil redup adalah kondisi socket lampu yang sudah jelek.

"Lampu utama redup cuma sebelah biasanya karena salah satu socket sudah jelek, arus listrik pada lampu utama itu besar, kalau socketnya jelek dia akan meleleh," kata Fajar.

Ilustrasi Socket lampu
Nurul
Ilustrasi Socket lampu

"Kalau socket sudah meleleh saya sarankan ganti yang bahan keramik dia materialnya lebih kuat daripada bahan plastik," saran Fajar.

Namun jika kondisi socket masih bagus, periksa kabel yang menuju socket lampu, menurut Fajar, kalau pemasangan kabel socket kendur atau kotor bisa membuat lampu redup dan dampak terparahnya bisa terbakar.

Jika socket dan kabel socket masih bagus, penyebab lainnya adalah cek kondisi relay dan kabel relay.

"Kalau socket masih bagus cek kondisi relaynya, coba goyangkan dulu relaynya, kalau lampu normal berarti hanya kabelnya saja yang kendur," ungkapnya.

"Tapi kalau relay digoyang-goyang masih redup juga, berarti ganti relaynya,"  tutup Fajar dari bengkel Auto Teknik di Tangerang.

Baca Juga: Cara Merawat Mobil Bekas, Lampu Depan Mulai Redup? Ini Triknya

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa