mobil bekas

Incar Toyota Kijang Kapsul Bekas Buat Mudik, Ketahui Dulu Penyakit di Mesinnya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 15 April 2022 | 09:11 WIB
Toyota Kijang LGX bekas
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Toyota Kijang LGX bekas

Otoseken.id -  Toyota Kijang generasi keempat atau biasa disebut Kijang Kapsul menjadi mobil keluarga yang banyak diminati kala itu, bahkan sampai sekarang Kijang kapsul masih menjadi incaran.

Daya tahannya yang tangguh, andal di segala medan, kabin yang luas dan bantingan yang nyaman, membuat Kijang generasi keempat yang diproduksi dari 1997 sampai 2004 ini masih diminati.

Meskipun terkenal mesin yang bandel, tapi bukan berarti mesin Kijang Kapsul tidak ada penyakitnya, terlebih usianya yang sudah uzur.

Untuk Kijang kapsul yang mesin bensin, mesin berkode 7K Kijang kapsul baik itu sistem karburator maupun injeksi (7KE) juga terknal bandel, namun seiring pemakaian dan umur Kijang yang tak lagi muda, banyak timbul masalah di ring piston yang longgar.

Mesin Toyota Kijang LGX 1.8 EFI
YT Otoseken
Mesin Toyota Kijang LGX 1.8 EFI

Ring piston yang longgar dinilai kurang presisi bawaan pabrik, setelah jarak tempuh sudah ribuan kilometer, banyak ditemukan asap knalpot yang ngebul akibat oli yang ikut masuk ke ruang pembakaran.

Jika sudah ditemui kasus seperti itu, solusinya adalah dengan mengganti ring piston, tidak perlu seluruhnya.

Untuk harga ring piston orisinal Toyota Kijang Kapsul 1.800 cc yakni 1,6 jutaan.

Selain itu, mengingat usianya yang sudah tua, ada baiknya lakukan peremajaan di kaki-kaki juga agar Kijang kapsul kembali nyaman lagi saat dipakai mudik nanti.

"Biasanya penyakit-penyakit kijang kapsul di kaki-kaki dan AC yang enggak dingin," Kata Doni, dari Showroom mobkas Marno Jaya Motor di Tanjung Barat, Jakarta Selatan.


Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa