Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Mudik Lebaran Aman, Lakukan Tune Up Mesin Dulu, Segini Biayanya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 15 April 2022 | 15:43 WIB
ILUSTRASI Proses carbon cleaning
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
ILUSTRASI Proses carbon cleaning

Otoseken.id - Agar perjalanan mudik lebaran aman, sebaiknya lakukan tune up mesin terlebih dahulu supaya performa mesin maksimal.

Tune up perlu dilakukan jika performa mesin sudah mengalami penurunan akibat banyaknya kerak karbon di dalam mesin atuapun injektor yang sudah mulai kotor.

Dengan melakukan tune up, dapat mengembalikan performa mesin mobil sekaligus mengecek kondisi bagian vital pada mobil, seperti thrtottle body, injektor, filter udara, busi dan sebagainya.

Menurut Chandra selaku owner bengkel Sentra Otomotif di Latumeten, Jakarta Barat, mengatakan, setidaknya ada tiga metode tune up mesin mobil.

"Tune up di kami ada 3 metodenya, pertama yang paling simpel hanya membersihkan throtlle body dan injector cleaning saja, yang kedua gurah mesin itu yang pakai tabung, yang ketiga itu carbon cleaner pakai mesin," buka Chandra, owner bengkel Sentra Otomotif di Latumeten, Jakarta Barat.

Untuk metode yang pertama, hanya membersihkan throtlle body dan injector cleaning dengan bahan khusus, harga tune up metode pertama ini yang paling murah hanya Rp 95 ribu.

Kotoran hitam pada bagian throttle body hilang setelah di semprot cairan cleaner
ryan/gridoto.comv
Kotoran hitam pada bagian throttle body hilang setelah di semprot cairan cleaner

Kemudian yang kedua gurah mesin menggunakan tabung dan injection cleaning, secara sederhana gurah mesin fungsinya untuk membersihkan kotoran dari dalam mesin untuk didorong keluar.

"Kalau gurah mesin yang pakai tabung gini biayanya Rp 125 ribu sudah termasuk obat chamical, biasanya kita pakai produk Blue chem untuk bahannya," katanya.

Proses carbon cleaner menggunakan alat carbon cleaning
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Proses carbon cleaner menggunakan alat carbon cleaning

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa