Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Honda Freed Ada Bunyi Berdecit Kalau Lari 40 Km/jam, Biang Keroknya Ini

Naufal Shafly,Abdul Aziz Masindo - Senin, 18 April 2022 | 07:00 WIB
Ilustrasi Honda Freed
Dok. OTOMOTIF GROUP
Ilustrasi Honda Freed

Otoseken.id - Honda Freed bunyi berdecit kalau dibawa jalan dengan kecepatan sekitar 40 km/jam enggak usah panik, ternyata penyebabnya ada masalah pada rem ABS (anti-lock braking system).

Diungkapkan Tri Pranoto, Owner bengkel spesialis Honda Clinic Pradana di Depok, bunyi berdecit di ABS tersebut disebabkan karena jarang ganti minyak rem yang mengakibatkan modul ABS jadi kotor.

"Biasanya masalah motor ABS itu karena jarang ganti minyak rem, jadi motor atau modul ABS-nya kotor," ucap Tri.

"Ciri-ciri modul ABS yang bermasalah, ketika lari di kecepatan 40 km/jam itu motor ABS-nya keluar bunyi seperti van belt yang aus,” lanjutnya.

Di bengkel miliknya yang berlokasi di Jl. Raya Muchtar No.86, Sawangan, Depok ini, perbaikan masalah ABS Honda Freed tersebut dibanderol Rp 1,5 juta.

Honda Freed
Dok. Otomotif
Honda Freed

“Kalau masalah ABS ini bisa diperbaiki atau diservis, kami bongkar motor ABS-nya dan kami bersihkan komponen-komponen di dalamnya. Estimasi biaya perbaikannya Rp 1,5 juta garansi satu tahun,” tukasnya.

Meski masalah ini tidak sampai menyebabkan indikator ABS di panel instrumen atau spimoeter menyala, tapi bunyi ini cukup mengganggu kenyamanan pengemudi.

Ilustrasi meter cluster Honda Freed
Dok. OTOMOTIF
Ilustrasi meter cluster Honda Freed

Oleh sebab itu, disarankan bagi pemilik Honda Freed untuk mengganti minyak rem mobilnya secara berkala setiap kelipatan 20.000 km.

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa