Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

Biar Mudik Pakai Mobil Diesel Makin Ngacir, Lakukan Purging Dulu, Segini Biayanya

Abdul Aziz Masindo - Jumat, 29 April 2022 | 15:27 WIB
Toyota New Fortuner TRD Sportivo
F Yosi/Otomotifnet
Toyota New Fortuner TRD Sportivo

Otoseken.id - Biar mudik lebaran pakai mobil diesel makin ngacir, lakukan purging mesin diesel dulu sob agar perjalanan mudik aman dan nyaman.

Purging mesin diesel menjadi salah satu cara untuk membuat tenaga mesin diesel kembali optimal.

Diesel Purging yang dilakukan bengkel spesialis Purging dari Jakarta Diesel Squad (JDS) ini meliputi purging mesin diesel dan membersihkan air intake system mobil diesel.

Untuk membersihkan fuel system yang meliputi injector, nosel, sekaligus membersihkan air intake system meliputi Turbo, intercooler dan throttlebody.

"Purging itu seperti memurnikan, jadi kaya fuel system cleaning, kalau mobil diesel ada saluran bahan bakar masuk dan saluran bahan bakar balik, itu bersirkulasi," Buka buka Erick Budhiman, owner Jakarta Diesel Squad di Cipinang Muara, Jakarta Timur beberapa waktu lalu.

"Jadi nanti akan bypass, in nya kita masukkan cairan atau istilahnya obat, dan yang return-nya kita puterin lagi ke arah purgingnya," lanjutnya.

Purging mesin diesel, tabung kanan untuk membersihkan fuel system, tabung kiri untuk membersihkan air intake system
Abdul Aziz Masindo/Otoseken.id
Purging mesin diesel, tabung kanan untuk membersihkan fuel system, tabung kiri untuk membersihkan air intake system

Lebih lanjut Erick menjelaskan, pada fuel system, cairan atau obat diesel purge yang sudah diracik bengkel JDS ini akan bersirkulasi mengggunakan alat khusus yang akan membersihkan seluruh komponen pada sistem bahan bakar mobil diesel.

 "Jadi misalnya obat atau cairan purgingnya 1 liter, engine dalam kondisi menyala itu kan cairan mutar dan lama-lama akan habis, kita bilangnya closed loop circulation, nah itu sambil merontokkan endapan-endapan solar di bagian fuel system," terang Erick.

"Termasuk membersihkan di common-rail, pipa-pipa bahan bakarnya, nosel injektor dan supply pump-nya, supaya spray pattern injector-nya normal kembali," tambahnya.

Editor : ARSN

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa