Baca berita tanpa iklan. Gabung Gridoto.com+

radiator mobil

Penting Untuk Diketahui, Ini Arti Angka Yang Ada di Tutup Radiator Mobil

ARSN,Rudy Hansend - Senin, 9 Mei 2022 | 19:15 WIB
Tutup radiator mobil
GridOto.com
Tutup radiator mobil

Otoseken.id - Penting untuk diketahui, ini arti angka yang ada di tutup radiator mobil. Ternyata bukan buat pajangan lho brodie.

Tutup radiator punya bertugas menjaga tekanan di dalam sistem radiator agar tetap stabil dan mengalirkan air yang menguap ke tabung reservoir saat dibutuhkan.

Jika Anda lihat, biasanya terdapat kode atau indikator angka di bagian tutup radiator mobil seperti 1,0 atau 1,1.

Anda bisa belajar arti dari kode angka di tutup radiator mobil dalam penjelasan kali ini.

"Angka itu menunjukkan indikator kekuatan tutup radiator yang menahan besarnya tekanan udara radiator saat bersirkulasi di antara tabung reservoir dan radiator," tutur Oki Sulistio, Workshop Head Tunas Daihatsu, Matraman Jakarta Timur.

Besarnya tekanan dihitung dalam satuan bar atau kg per sentimeter kubik volume udara radiator.

"Contohnya tertulis 1,1, berarti tekanan yang dihasilkan sebesar 1,1 bar atau 1,1 kg per sentimeter kubik volume udara," terang Oki.

Jika ada 1 liter melewati tutup radiator, setiap sentimeter kubik udara yang bersirkulasi di antara radiator dan reservoir menghasilkan kekuatan sebesar 1,1 kg di karet tutup radiator.

Baca Juga: Radiator Mobil Modern Bocor Percuma Diperbaiki, Sebaiknya di Lem Biru Saja, Ini Alasannya

Sirkulasi antara radiator dengan tabung reservoir terjadi karena saat sistem pendinginan mesin bekerja, air di dalam radiator akan disedot ke jalur pendingin di dalam blok mesin.

Saat debit air di dalam radiator berkurang, radiator akan menyedot cadangan air di tabung reservoir untuk menjaga takaran normal air di dalam radiator.

"Saat sirkulasi balik ke radiator dan tabung reservoir, akan ada tekanan tinggi dari panas mesin yang ditahan oleh tutup radiator itu" jelas Oki.

Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

yt-1 in left right search line play fb gp tw wa