Ini Rekomendasi Bensin Untuk Nissan X-Trail T31 Bestie, Gak Bisa Sembarangan

ARSN,Muslimin Trisyuliono - Kamis, 12 Mei 2022 | 14:02 WIB
Nissan X-Trail T31
Dok. OTOMOTIF
Nissan X-Trail T31

Otoseken.id - Bestie wajib tahu nih, ini dia rekomendasi bensin untuk Nissan X-Trail T31. Ternyata gak bisa sembarangan lho.

Nissan X-Trail generasi kedua di pasarkan di Tanah Air pada 2008 hingga 2013 silam dibekali dua pilihan mesin.

Pertama mesin berkode MR20DE, dengan kapasitas 2.000 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 139 dk dan torsi 198 Nm, dengan pilihan transmisi manual 6-percepatan dan otomatis CVT.

Berikutnya mesin 2.500 cc berkode QR25DE yang mampu menghasilkan tenaga 180 dk dan torsi 245 Nm, dikawinkan dengan pilihan transmisi otomatis CVT.

Menurut Samsul Solihin, Kepala Mekanik Central Nissan dibilangan BSD, Tangerang Selatan, X-Trail dengan kode bodi T31 ini disarankan menggunakan BBM jenis Pertamax RON 92.

"BBM paling rendah di oktan 92 atau Pertamax. Kami sarankan jangan pakai Pertalite efeknya mesin ngelitik, imbasnya lumayan banyak," ujar Samsul kepada GridOto.com, Kamis (03/03/2022).

Selain itu, menurutnya busi bisa lebih cepat aus dan mesin menjadi tidak bertenaga sehingga tidak disarankan menggunakan oktan di bawah 92.

Hal tersebut disebabkan adanya penumpukan kerak karbon di ruang bakar, yang muncul akibat pembakaran tidak sempurna.

Baca Juga: Bengkel Spesialis Buka-bukaan, Mending Pilih Nissan X-Trail T31 Varian Mesin Ini

"Penggunaan Pertalite juga bikin injektor sering bermasalah. Kalau sudah seperti itu ganti pakai copotan harga satunya Rp 350 ribu, itu diganti yang bermasalah saja," ucap Samsul.

Untuk mengantisipasinya, biasanya di bengkel Central Nissan akan dilakukan pembersihan ruang bakar dengan carbon cleaner Rp 750 ribu hingga Rp 800 ribu termasuk jasa tune-up tiap kelipatan 5.000 kilometer.

Sekadar informasi, harga Nissan X-Trail T31 kini sudah mulai terjangkau berada di kisaran Rp 90 jutaan sampai Rp 175 juta tergantung kondisi dan tahun.

Central Nissan: Sentral Onderdil BSD Blok C No.8, Tangerang Selatan

Telp: (0838-2066-4202)

Baca Juga: Harga Bekasnya Terjangkau, Kenali Dulu Penyakit Nissan X-Trail T31


Editor : ARSN
Sumber : GridOto.com

Sobat bisa berlangganan Tabloid OTOMOTIF lewat www.gridstore.id.

Atau versi elektronik (e-Magz) yang dapat diakses secara online di : ebooks.gramedia.com, myedisi.com atau majalah.id




KOMENTAR

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

YANG LAINNYA

loading
SELANJUTNYA INDEX BERITA
Close Ads X
yt-1 in left right search line play fb gp tw wa